Akhsani Indriasmala (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan prestasi belajar sains biologi siswa kelas VII B SMP Islam Sukorejo / Akhsani Indriasmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil Observasi awal yang dilakukan di SMP Islam Sukorejo khususnya kelas VII B menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang sering dilakukan oleh guru adalah ceramah. Pada waktu bekerja secara berkelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran sedangkan siswa yang lain hanya bermain-main.Berdasarkan fenomena yang ada maka peneliti melakukan pembelajaran yang menuntut adanya kerjasama kelompok. Selain itu siswa juga terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran kooperatif kooperatif STAD. Tujuan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah (1) mengetahui peningkatan motivasi belajar Sains Biologi siswa kelas VII B SMP Islam Sukorejo (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar Sains Biologi siswa kelas VII B SMP Islam Sukorejo (3) mengetahui peningkatan prestasi belajar Sains Biologi siswa kelas VII B SMP Islam Sukorejo Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) Refleksi. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dengan subjek penelitian adalah Kelas VII B sebanyak 29 siswa. Teknik pengambilan datanya menggunakan lembar observasi catatan lapangan dan tes formatif. Pelaksanaan penelitian mulai16 Nopember sampai 28 Desember 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan bila dibandingkan pada siklus I rata-rata pencapaian indikator mengalami peningkatan sebesar 10 34% yaitu dari 68 05% pada siklus I menjadi 78 39% pada siklus II (2) aktivitas belajar siswa mengakami peningkatan pada siklus I rata-rata pencapaian indikator adalah sebesar 57 54% dan pada siklus II meningkat sebesar 5 29% menjadi 62 83% (3) ketuntasan klasikal pada siklus I adalah sebesar 93 10% dan pada siklus II meningkat sebesar 3 45% menjadi 96 55%. Hal ini berarti bahwa pelaksanakan pembelajaran kooperatif STAD dalam siklus belajar dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan prestasi belajar sains biologi siswa kelas VII B SMP Islam Sukorejo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26036 |
Actions (login required)
View Item |