Pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis augmented reality dengan aplikasi augin terhadap hasil belajar siswa untuk materi konstruksi bangunan sipil di SMK Negeri 3 Boyolangu / Ahmad Widia Pranoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis augmented reality dengan aplikasi augin terhadap hasil belajar siswa untuk materi konstruksi bangunan sipil di SMK Negeri 3 Boyolangu / Ahmad Widia Pranoto

Pranoto, Ahmad Widia (2022) Pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis augmented reality dengan aplikasi augin terhadap hasil belajar siswa untuk materi konstruksi bangunan sipil di SMK Negeri 3 Boyolangu / Ahmad Widia Pranoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang selama ini digunakan pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan khususnya materi konstruksi bangunan sipil di SMKN 3 Boyolangu masih menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran ini sekarang sudah dianggap ketinggalan dan juga kurang efektif hasil belajar para siswa juga menunjukkan hasil yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu sebesar 75 terlebih dari data yang didapatkan pada materi konstruksi bangunan sipil di semester gasal tahun ajaran 2021. Maka dari itu dibutuhkan variasi berupa pembelajaran yang bisa menarik minat siswa seperti merubah sebuah metode pembelajaran yang telah ada dengan yang terbaru. Pembelajaran berbasis Augmented Reality adalah salah satu inovasi pembelajaran dalam bidang pendidikan yang mulai banyak digunakan dengan tujuan dapat menjadi pembelajaran yang menarik inovatif efisien sehingga bisa membantu pemahaman materi dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang bisa didapatkan dari penggunaan pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan aplikasi Augin terhadap hasil belajar siswa. Subjek yang dipakai penelitian ini adalah dua dari tiga kelas yang ada di kelas X DPIB SMKN 3 Boyolangu. Penentuan dua kelas yang akan digunakan berdasarkan pretest yang diberikan pada ketiga kelas tersebut yang akan diambil dua kelas dengan nilai rerata yang hampir seimbang atau tidak berbeda secara signifikan guna mensetarakan kemampuan awal siswa dan didapatkanlah kelas X DPIB 1 dan X DPIB 3. Setelah itu digunakan metode random sampling untuk memilih kelas mana yang menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Kelas X DPIB 1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X DPIB 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen akan diberikan perlakuan yaitu pembelajaran berbasis Augmented Reality sedangkan kelas kontrol hanya memakai pembelajaran konvensional. Kedua kelas nantinya akan diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajarnya. Data yang diperoleh akan dianilisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif memperlihatkan jika kelas eksperimen mendapatkan rerata hasil belajar sebesar 81 82 sedangkan kelas kontrol mendapatkan rerata hasil belajar sebesar 74 34. Hal tersebut menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi hasil belajarnya. Hasil pengujian statistik inferensial untuk analisis hipotesis dengan uji Independent Samples T-Test didapatkan nilai sig p 0 027 lt alpha 0 05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. Dengan demikian pembelajaran berbasis Augmented Reality berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi konstruksi bangunan sipil kelas X SMKN 3 Boyolangu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260357

Actions (login required)

View Item View Item