Implementasi pembelajaran kooperatif model TGT (teams-games-tournaments) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VII SMP Islam Purwosari Pasuruan / Anis Sekarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model TGT (teams-games-tournaments) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VII SMP Islam Purwosari Pasuruan / Anis Sekarwati

Anis Sekarwati (2009) Implementasi pembelajaran kooperatif model TGT (teams-games-tournaments) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VII SMP Islam Purwosari Pasuruan / Anis Sekarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran Sains Biologi di Sekolah Menengah Pertama membutuhkan strategi yang dapat menyenangkan siswa sekaligus menarik minat siswa untuk belajar Sains Biologi karena bila Pelajaran Biologi diajarkan dengan menarik maka motivasi siswa akan meningkat sehingga hasil belajar juga akan meningkat. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Islam Purwosari bahwa motivasi belajar siswa rendah selain itu juga input siswa rendah. Menghadapi permasalahan seperti ini maka upaya yang seharusnya dilakukan adalah meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa dalam belajar biologi. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model TGT. Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab kerjasama persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi aktivitas dan hasil belajar Sains Biologi siswa kelas VII SMP Islam Purwosari Pasuruan dalam penerapan pembelajaran kooperatif model TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus I dan II secara berturut-turut dilaksanakan sebanyak tiga kali dan empat kali pertemuan. Materi yang diajarkan pada siklus I adalah Ciri-ciri Makhluk Hidup sedangkan pada siklus II membahas Klasifikasi Makhluk Hidup. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah tingkat motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa dapat diketahui dari peningkatan motivasi aktivitas dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 77 2% pada siklus I menjadi 81 3% pada siklus II. Hal ini menandakan bahwa peningkatan motivasi belajar sebesar 4 1%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73 4% meningkat menjadi 78 8% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa yang diukur dengan persentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 77% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26033

Actions (login required)

View Item View Item