Pengaruh energi regenerative braking terhadap pengisian baterai dan efisiensinya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh energi regenerative braking terhadap pengisian baterai dan efisiensinya

Primatika, Averel (2022) Pengaruh energi regenerative braking terhadap pengisian baterai dan efisiensinya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Energi kinetik kendaraan saat melakukan perlambatan yang terbuang sia-sia dapat digunakan sebagai energi untuk membangkitan energi listrik mengunakan motor generator perangkat ini dilakukan percobaan untuk mendapatkan seberapa besar energi yang dihasilkan saat perlambatan dari sistem regenerative braking dari penelitian ini diharapkan mendapatkan seberapa besar pengaruh dari sistem regenerative braking untuk mengembalikan energi kinetik yang terbuang sia-sia saat proses perlambatan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan enam percobaan pada media yang melewati medan datar dengan tujuan mendapatkan seberapa besar nilai energi listrik bangkitan yang terjadi saat perlambatan dari hasil data tersebut didapatkan nilai energi bangkitan pengaruh regenerative braking terhadap pengisian energi pada baterai dan nilai efesiensi yang dihasilkan selama proses regenerative braking. Energi bangkitan terbesar terjadi pada kecepatan 20 km/j saat melakukan perlambatan adalah sebesar 38 63 watt/jam dan menghasikan energi listrik bangkitan terkecil dengan kecepatan awal perlambatan 10 km/j dengan besar energi 4 88 watt/jam. Energi kinetik yang digunakan saat melakukan perlambatan rata-rata sebesar 74 1 watt/jam dan efsiensi yang dihasilkan yang paling besar terjadi pada 48 1 % dengan kecepatan awal sudut perlambatan lebih tinggi yaitu 5 5 m/s. Didapatkan dengan rata-rata energi yang dihasilkan saat melakukan perlambatan dengan kecepatan awal sudut lebih tinggi dan waktu perlambatan lebih lama mendapatkan energi serapatan lebih besar dengan nilai efesiensi yang lebih besar dan energi yang lebih kecil didapatkan dengan kecepatan awal sudut percepatan lebih rendah dan waktu perlambatan lebih singkat dengan nilai efisiensi lebih kecil. Kata kunci Regenerative braking bangkitan energi efisiensi perlambatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2023 02:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260300

Actions (login required)

View Item View Item