Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams – achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem air conditioning (AC) Kelas XII tkroSMK N 1 Kediri / Muhammad Idris Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams – achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem air conditioning (AC) Kelas XII tkroSMK N 1 Kediri / Muhammad Idris Effendi

Effendi, Muhammad Idris (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams – achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem air conditioning (AC) Kelas XII tkroSMK N 1 Kediri / Muhammad Idris Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran senantiasa dilakukan dikarenakan masalah yang terjadi setelah dilakukannya proses pembelajaran adalah perihal kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Penyebab dari permasalahan tersebut adalah penyajian materi masih dilakukan dengan metode pembelajaran yang terfokus pada guru atau teacher-centered learing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (2) setelah diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus I dan siklus II (3) peningkatan dari sebelum perlakuan selama siklus setelah 1 dan setelah siklus 2 pada materi Sistem Air Conditioning (AC) di kelas XII-TKRO 1 di SMK Negeri 1 Kediri dengan jumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan sebelum tindakan perlakuan masih tergolong rendah. Kemudian kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa meningkat setelah dilakukan tindakan pada setiap siklusnya. Pada siklus II hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa telah memenuhi dan atau melebihi nilai ketuntasan minimal yaitu 75 dengan persentase siswa yang berhasil sebesar 75% sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260299

Actions (login required)

View Item View Item