Pengaruh penggunaan pembelajaran kolaboratif daring terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI tkro pada kompetensi menerapkan cara perawatan EMS di SMKN 1 Trenggalek / Radytama Widy Stiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan pembelajaran kolaboratif daring terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI tkro pada kompetensi menerapkan cara perawatan EMS di SMKN 1 Trenggalek / Radytama Widy Stiawan

Stiawan, Radytama Widy (2022) Pengaruh penggunaan pembelajaran kolaboratif daring terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI tkro pada kompetensi menerapkan cara perawatan EMS di SMKN 1 Trenggalek / Radytama Widy Stiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Kolaboratif Daring menjadi salah satu model pendukung pembelajaran saat ini yang mayoritas menggunakan media daring yang berpusat pada aktivitas kerja berkelompok untuk berdiskusi menyelesaikan masalah pribadi maupun masalah kelompoknya yangmana pada penelitian ini dieksperimenkan pada motivasi dan hasil belajar siswa. Terdapat beberapa alasan antara lain (1) pembelajaran Kolaboratif Daring sesuai dengan Kurikulum 2013 (K-13) yang menekankan pada pembelajaran siswa aktif secara berkelompok (2) Pembelajaran Kolaboratif Daring dapat mendorong Motivasi dan Hasil Belajar siswa (3) Pembelajaran Kolaboratif Daring dapat digunakan pada kompetensi menerapkan cara perawatan EMS. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Daring terhadap Motivasi dan Hasil Belajar siswa pada kompetensi menerapkan cara perawatan EMS kelas XI SMKN Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Design dengan pola Posttest-Only Control Design. Pelaksanaan penelitian menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas XI TKRO 2 sebagai kelas eksperimen dan XI TKRO 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen berupa 35 butir soal kuesioner motivasi belajar dan 20 butir soal pilihan ganda hasil belajar. Instrumen tersebut menghasilkan data berupa skor motivasi belajar dan nilai posttest hasil belajar sehingga dapat dilakukan analisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan program SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan skor motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 83 55% dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0 000 lt 0 05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dan nilai hasil belajar kelas eksperimen juga lebih tinggi yaitu 82 86 dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0 000 lt 0 05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan paparan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kolaboratif Daring berpengaruh terhadap Motivasi dan Hasil Belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang diberikan yaitu bagi guru disarankan untuk menggunakan media daring yang mudah diakses agar tidak mengganggu pembelajaran. Saran lain adalah bagi peneliti selanjutnya untuk mempersiapkan kondisi siswa pada akses pembelajaran daring terlebih dahulu agar lebih mudah diimplementasikan dengan Pembelajaran Daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260290

Actions (login required)

View Item View Item