Implementasi pembelajaran sains melalui pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SLTP Negeri 4 Malang / oleh Fransiska Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran sains melalui pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SLTP Negeri 4 Malang / oleh Fransiska Rachmawati

Fransiska Rachmawati (2009) Implementasi pembelajaran sains melalui pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SLTP Negeri 4 Malang / oleh Fransiska Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sains dan teknologi sangat penting untuk dipelajari oleh siswa supaya mereka dapat mengetahui dampak positif dan dampak negatif perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Untuk mengenalkan siswa tentang sains dan teknologi maka perlu diterapkan pembelajaran sains dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Berdasarkan hasil observasi di SLTPN 4 Malang pembelajaran sains dengan pendekatan STM belum pernah diterapkan sehingga siswa tidak tidak begitu mengenal perkembangan sains dan teknologi. Padahal materi pelajaran yang diterapkan sebagian besar berhubungan dengan sains dan teknologi. Hal ini akan membuat siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran sehingga prestasi belajarnya berkurang. Di samping itu siswa juga tidak tahu dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan sains dan teknologi. Oleh karena itu perlu diterapkan pembelajaran sains dengan pendekatan STM bagi siswa kelas VII SLTP Negeri 4 Malang untuk menambah wawasan siswa tentang sains dan teknologi serta meningkatkan hasil belajar dalam lima ranah yaitu konsep proses aplikasi kreativias dan sikap. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model dan penerapan pembelajaran sains melalui pendekatan STM yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SLTP Negeri 4 Malang dan mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran STM. Metode penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SLTP Negeri 4 Malang pada semester genap tahun 2006/2007 bulan April sampai Juni 2006 dan subyek penelitian siswa kelas VII-B. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus melalui 4 tahap yaitu merencanakan melakukan tindakan mengamati (observasi) tindakan dan refleksi. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu siswa memperoleh pengalaman belajar tentang permasalahan sains dan teknologi dari melihat gambar membaca artikel melaksanakan kegiatan observasi dan wawancara praktikum analisis arikel diskusi dan presentasi. Di samping itu hasil belajar yang dimiliki siswa terdiri dari lima ranah yaitu ranah konsep ranah proses ranah aplikasi ranah kreativitas dan ranah sikap. Pada ranah konsep prosentase penguasaan konsep mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 93 61 % menjadi 95 81 %. Pada ranah proses siswa mampu menganalisis permasalahan tentang dampak sains dan teknologi melalui kegiatan melihat gambar dan membaca artikel kemudian siswa mampu mengungkapkan ide untuk mengatasi permasalahan dari hasil kegiatan observasi dan wawancara kemudian siswa menerapkan idenya untuk mengatasi permasalahan dalam bentuk kegiatan praktikum. Pada ranah aplikasi siswa mampu menghubungkan studi sains mereka dengan kehidupan sehari-hari dan siswa juga mampu menganalisis dampak sains dan teknologi dengan menganalisis artikel. Pada ranah kreativitas siswa terlihat sangat aktif antusias dan ceria. Pada ranah sikap siswa telah menunjukkan kesadarannya terhadap isu masyarakat dan rasa tanggung jawabnya sebagai warga Negara dalam memelihara dan melestarikan lingkungan. Oleh karena itu pembelajaran sains dengan pendekatan STM melalui model pembelajaran melihat gambar membaca artikel melaksanakan kegiatan observasi dan wawancara praktikum analisis artikel diskusi dan presentasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu pembelajaran sains yang telah diterapkan memperoleh respon positif bagi siswa. Saran-saran yang dapat dikemukakan dari penelitian ini adalah guru diharapkan melakukan penelitian yang serupa untuk menyempurnakan penelitian yang antara lain dalam menggunakan lingkungan belajar untuk mengenalkan siswa pada permasalahan sains dan teknologi dengan mengajak siswa ke lapangan industri menambah pengalaman belajar siswa tentang isu/permasalahan dan cara mengatasinya pada topik kesehatan (misalnya bayi tabung mengurangi jumlah penduduk flu burung HIV dan lain-lain) topik industri yaitu daur ulang limbah dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item View Item