Analisis pelaksanaan pembelajaran gambar teknik manufaktur program keahlian teknik pemesinan Kelas XI dengan menggunakan problem based learning di SMK Negeri 6 Malang / Uris Wiratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan pembelajaran gambar teknik manufaktur program keahlian teknik pemesinan Kelas XI dengan menggunakan problem based learning di SMK Negeri 6 Malang / Uris Wiratama

Wiratama, Uris (2022) Analisis pelaksanaan pembelajaran gambar teknik manufaktur program keahlian teknik pemesinan Kelas XI dengan menggunakan problem based learning di SMK Negeri 6 Malang / Uris Wiratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiratama Uris 2022. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Gambar Teknik Manufaktur Program Keahlian Teknik Pemesinan Kelas XI dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widiyanti M.Pd. (II) Drs. H. Maftuchin Romlie M.Pd. Kata Kunci gambar teknik manufaktur pembelajaran problem based learning. Salah satu perubahan mendasar pada kurikulum 2013 yaitu model pembelajarannya. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah discovery learning project based learning dan problem based learning. Pemilihan model pembelajaran berbasis masalah problem based learning karena penerapannya dengan memberikan masalah kepada siswa yang tujuannya untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran. Di SMK Negeri 6 Malang telah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses kegiatan pembelajarannya. Di masa pandemi Covid-19 pemerintah merekomendasikan agar kegiatan belajar dilakukan di rumah secara daring dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran gambar teknik manufaktur program keahlian teknik pemesinan kelas sebelas dengan menggunakan problem based learning di SMK Negeri 6 Malang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dideskripsikan secara deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa observasi hasil wawancara dan dokumen/dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif yang saling keterkaitan antara proses pengumpulan data dengan analisis data. Temuan penelitian ini menyebutkan bahwa pada perencanaan pembelajaran yaitu pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum 2013 dan berpedoman pada silabus sekolah dalam pembuatan RPP pada pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan inti serta penutup pada evaluasi pembelajaran yaitu guru memberikan nilai berdasarkan sikap pengetahuan dan keterampilan serta hasil tes praktik UTS maupun UAS pada faktor pendukung terdapat pendidik dan sarana prasarana sedangkan faktor penghambat terdapat tenaga pengajar perangkat siswa dan faktor siswa yang terakhir pada manfaat pembelajaran bagi guru (a) menambah wawasan dan pengalaman (b) bahan evaluasi bagi guru (c) lebih menguasai ilmu mata pelajaran. Bagi siswa (a) mampu berpikir kreatif (b) mendapatkan ilmu sebagai bekal dalam bekerja (c) disiplin waktu (d) siswa lebih mandiri (e) memiliki rasa tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260187

Actions (login required)

View Item View Item