Analisis kesiapan guru produktif dalam pembelajaran daring (studi kasus pada SMK PGRI 1 Nganjuk) / Purwo Setiyo Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesiapan guru produktif dalam pembelajaran daring (studi kasus pada SMK PGRI 1 Nganjuk) / Purwo Setiyo Cahyono

Cahyono, Purwo Setiyo (2022) Analisis kesiapan guru produktif dalam pembelajaran daring (studi kasus pada SMK PGRI 1 Nganjuk) / Purwo Setiyo Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bulan Maret 2019 wabah virus corona masuk ke Indonesia kemudian Indonesia dihadapkan dengan masa pandemic yang luar biasa. Dampak pandemic Covid 19 merambah dari beberapa sektor satunya adalah dunia pendidikan. Pandemic Covid 19 berdampak pada kebijakan pemerintah dalam melakukan pekerjaan secara Work From Home (WFH). Pelaksanaan pembelajaran di SMK semenjak pandemic Covid 19 berlangsung menggunakan daring tak terkecuali pada mata pelajaran praktikum atau produktif. Pembelajaran Jarak Jauh merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung (didalam kelas dan lingkungan belajar) atau biasa disebut pembelajaran online melalui beberapa aplikasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesiapan guru produktif dalam pembelajaran daring di SMK PGRI 1 Nganjuk. Analisis tersebut ditinjau dari kesiapan guru produktif dalam pembelajaran daring pelaksanaan guru produktif dalam pembelajaran daring dan evaluasi guru produktif dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis rancangan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMK PGRI 1 Nganjuk. Sumber data di penelitian ini meliputi Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana Kepala Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Kepala Program Keahlian Teknik Pemesinan Kepala Bengkel Teknik Pemesinan Guru Produktif Gambar Teknik Mesin Guru Produktif Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Produktif Teknik Pemesinan Gerinda dan Siswa Teknik Pemesinan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil Penelitian kesiapan guru produktif dalam pembelajaran daring di SMK PGRI 1 Nganjuk sebagai berikut (1) Adanya sosialisasi work from home dan study from home model pembelajaran khusus daring menggunakan model discovery learning serta kesiapan fasilitas pembelajaran yang memadai. (2) standar pelaksanaan pembelajaran daring erat kaitannya dengan KKM. KKM di SMK PGRI Nganjuk yang ditetapkan bidang kurikulum itu kelas 10-72 kelas 11-75 dan kelas 12-78. Dan siswa yang diperbolehkan masuk hanya 50%. Waktu pembelajaran dilaksanakan 20 menit setiap jam mata pelajaran. Penilaian tetap pada rasio 40 pengetahuan dan 60 ketrampilan dimana pada masa pandemi covid 19 untuk beban tugas yang diberikan kepada siswa berkurang 50%. (3) Evaluasi dalam pembelajaran daring salah satunya terkait standar kelulusan peningkatan kualitas guru produktif dalam pembelajaran daring serta berikut ini faktor pendukung dan penghambat yaitu faktor pendukung secara sarana dan prasarana sudah memadai namun untuk faktor penghambat kesiapan guru seperti kurangnya pemahaman guru dalam penggunaan media pembelajaran yang lebih maju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260178

Actions (login required)

View Item View Item