Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah melalui strategi kooperatif model Stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa keals X, SMAN 2 batu / oleh Rahma Lailu Farie Hariez - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah melalui strategi kooperatif model Stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa keals X, SMAN 2 batu / oleh Rahma Lailu Farie Hariez

Rahma Lailu Farie Hariez (2009) Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah melalui strategi kooperatif model Stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa keals X, SMAN 2 batu / oleh Rahma Lailu Farie Hariez. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi biologi di SMAN 2 Batu pada tanggal 3 Juni 2006 diketahui bahwa pembelajaran di SMAN 2 Batu jarang dilakukan dengan ceramah pembelajaran yang dilakukan bervariasi seperti diskusi presentasi dan belajar di luar kelas. Secara umum hasil kemampuan berpikir siswa masih berada pada tingkat berpikir rendah yaitu hanya satu sampai tiga siswa yang memiliki kemampuan berpikir tinggi. Kendala yang dihadapi selama pembelajaran antara lain 1) siswa tidak bisa mandiri 2) minat baca ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan dan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru masih kurang 3) terbatasnya literatur. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bah-wa belum ada metode pembelajaran yang sengaja direncanakan atau diterapkan oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan proses sis-wa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa dengan penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah melalui strategi kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan 2 siklus tindakan yang terdiri dari 6 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap peren-canaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini subyek penelitian adalah siswa kelas X1 SMAN 2 Batu semester gasal 2006/ 2007 yang berjumlah 47 siswa dengan materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2006. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes angket wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah melalui strategi kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) secara umum dapat meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa kelas X1 SMAN 2 Batu. Tahap orientasi masalah aspek keterampilan proses mengobser-vasi meningkat 0 01 (0 5%) mengklasifikasi 1 17 (58 5%) dan membuat inferensi 0 25 (12 5%) sedangkan aspek mengukur dan mengkomunikasikan mengami pe-nurunan masing-masing sebesar 0 41 (-20 5%) dan 0 71 (-35 5%). Tahap mengem-bangkan hasil karya aspek keterampilan proses mengklasifikasi mengkomunikasikan dan membuat inferensi mengalami peningkatan masing-masing sebesar 0 19 (9 5%) 0 09 (4 5%) dan 0 02 (1%) sedangkan aspek mengobservasi dan mengukur tidak muncul pada tahap ini karena pada tahap mengembangkan hasil karya siswa tidak dituntut untuk mengobservasi dan mengukur. Peningkatan skor kemampuan berpikir melalui tes adalah 8 43 (14 76%) yakni pada siklus I sebesar 57 08 dan siklus II sebesar 65 51. Peningkatan skor kemampuan berpikir tanpa tes yang meliputi ke-mampuan bertanya adalah 0 3 (9 3%) yaitu pada siklus I sebesar 3 2 (kategori per-tanyaan 3) dan siklus II sebesar 3 5 (kategori pertanyaan 3) sedangkan peningkatan skor kemampuan menjawab adalah 0 5 (14 2%) yaitu pada siklus I sebesar 3 5 (kate-gori menjawab 3) dan siklus II sebesar 4 (kategori menjawab 4). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) kepada guru biologi dapat menerapkan Pembelajaran Berdasarkan Masalah melalui strategi kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) karena dapat meningkatkan keterampilan pro-ses dan kemampuan berpikir siswa. (2) kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui keberhasilan penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah melalui strategi kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa. (3) penggunaan pemicu masalah yang nyata dan inovatif bagi siswa sangat ditekankan agar tidak terjadi penurunan skor keterampilan proses mengukur dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26015

Actions (login required)

View Item View Item