Hubungan practical self efficacy dan peran pembimbing prakerin dengan kesiapan kerja Siswa dalam memasuki lingkungan industri 4.0 / A. Busyro Hariri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan practical self efficacy dan peran pembimbing prakerin dengan kesiapan kerja Siswa dalam memasuki lingkungan industri 4.0 / A. Busyro Hariri

Hariri, A. Busyro (2022) Hubungan practical self efficacy dan peran pembimbing prakerin dengan kesiapan kerja Siswa dalam memasuki lingkungan industri 4.0 / A. Busyro Hariri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Self efficacy merupakan rasa percaya keyakinan seorang individu dengan kemampuan dirinya dalam menyelesaikan suatu tugas untuk mencapai tujuan tertentu. Peran guru pembimbing dalam prakerin merupakan posisi yang sangat penting untuk mengembangkan kemampuan peserta didik mengenai pengetahuan yang sudah didapat disekolah. Kesiapan kerja adalah semua kondisi pada suatu individu yang meliputi pengalaman mental dan kematangan fisik untuk bisa melakukan suatu pekerjaan dan mencapai target dari usaha tersebut. Kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga kerja di industri 4.0 sekarang meliputi aspek pengetahuan keterampilan dan attitude/perilaku yang disesuaikan dengan kondisi industri tempat bekerja. Penelitian ini menggunakan desain korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel untuk variabel yang pertama ( ) yaitu practical self efficacy dan variabel kedua ( ) yaitu peran pembimbing prakerin dengan kesiapan kerja siswa dalam memasuki lingkungan industri 4.0 sebagai variabel terikat (Y). Metode pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pemberian angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil analisis practical self efficacy dengan kesiapan kerja siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 lt 0 005 (taraf signifikansi) dan nilai pearson correlation sebesar 0 794 (korelasi kuat). Hasil analisis variabel peran pembimbing prakerin dengan kesiapan kerja siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 001 lt 0 005 (taraf signifikansi) dan nilai pearson correlation sebesar 0 702 (korelasi kuat). Hasil analisis variabel practical self efficacy dan peran pembimbing prakerin dengan kesiapan kerja siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 lt 0 005 (taraf signifikansi) dan nilai pearson correlation (R) sebesar 0 829 (korelasi sempurna). Terdapat hubungan practical self efficacy dengan kesiapan kerja siswa hasil analisis menunjukkan bahwa semakin tinggi rasa percaya diri siswa dalam praktik belajarnya (practical self efficacy) maka semakin tinggi juga kesiapan kerja siswa tersebut. Terdapat hubungan peran pembimbing prakerin dengan kesiapan kerja siswa dari hasil analisis menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas peran dari pembimbing prakerin maka semakin tinggi juga kesiapan kerja siswa tersebut. Terdapat hubungan antara practical self efficacy dan peran pembimbing prakerin dengan kesiapan kerja siswa dari hasil analisis yang ada menunjukkan bahwa semakin tinggi rasa percaya diri siswa dalam praktik belajarnya (practical self efficacy) serta semakin tingginya intensitas peran dari pembimbing prakerin maka akan meningkatkan kesiapan kerja dari para siswa yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260149

Actions (login required)

View Item View Item