Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan peta konsep dan yang diajar tanpa menggunakan peta konsep pada mata pelajaran sains kelas VII SMP Negeri 12 Malang / Nunuk Mahdalena - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan peta konsep dan yang diajar tanpa menggunakan peta konsep pada mata pelajaran sains kelas VII SMP Negeri 12 Malang / Nunuk Mahdalena

Nunuk Mahdalena (2009) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan peta konsep dan yang diajar tanpa menggunakan peta konsep pada mata pelajaran sains kelas VII SMP Negeri 12 Malang / Nunuk Mahdalena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam meningkatkan mutu pendidikan kualitas proses pembelajaran harus terus ditingkatkan. Guru sebagai orang yang bertanggung jawab dalam mendesain dan melaksanakan proses pembelajaran dituntut selalu mengupayakan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan berkualitas tinggi. Karena proses belajar mengajar yang efektif akan membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal. Terutama dalam mata pelajaran sains yang berfungsi untuk menguasai konsep dan manfaat sains dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu diperlukan strategi belajar yang dapat membantu siswa memahami konsep secara utuh dan melibatkan emosional siswa melalui strategi belajar bermakna. Dan salah satu cara untuk mengembangkan strategi belajar bermakna adalah menggunakan peta konsep. Peta konsep merupakan salah satu alat yang efektif untuk menghadirkan secara visual hirarki generalisasi preposisi-preposisi yang berupa susunan konsep dari yang paling umum ke konsep yang paling khusus sampai contoh-contoh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan peta konsep dan yang diajar tanpa menggunakan peta konsep pada mata pelajaran sains kelas VII SMP Negeri 12 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan desain pra dan purna uji 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen pembelajarannya menggunakan peta konsep sedang kelompok kontrol pembelajarannya tanpa menggunakan peta konsep. Hipotesis (H1) dalam penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan peta konsep dan yang diajar tanpa menggunakan peta konsep pada mata pelajaran sains kelas VII SMP Negeri 12 Malang . Untuk membuktikan hipotesis ini diterima dilakukan perhitungan uji-t. Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata kelompok eksperimen yaitu sebesar 3 4286 dan skor rata-rata kelompok kontrol yaitu sebesar 2 3784. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai t sebesar 2 262 dengan signifikansi 0 027 ini berarti t signifikan (p 0 027

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item