Kepemimpinan Transformasional Kepala SekolahDalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakterdi SD Negeri Pandanrejo 02 Kota Batu - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan Transformasional Kepala SekolahDalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakterdi SD Negeri Pandanrejo 02 Kota Batu

Setiawan, Rizky Agus (2022) Kepemimpinan Transformasional Kepala SekolahDalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakterdi SD Negeri Pandanrejo 02 Kota Batu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk menggerakkan orang lain dengan memberikan arahan, petunjuk, dan bimbingan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Kepala sekolah memiliki peranan yang sangat kuat, perannya sebagai pemimpin membuat kepala sekolah harus dapat mengaplikasikan gaya-gaya kepemimpinan salah satunya adalah kepemimpinan transformasional. Kepala sekolah dapat dikatakan transformasional apabila memiliki kemampuan dalam melakukan perubahan Lingkungan sekolah merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menumbuhkan karakter yang berpendidikan, dalam artian sekolah dapat dikatakan baik apabila dapat menciptakan luaran yang berkualitas, berkompeten, dan berkarakter. Kaitannya adalah seorang kepala sekolah maupun guru di kelas dapat membawa kemajuan dan perubahan yang positif dalam mengembangkan nilai karakter kepada seluruh warga sekolah. Hakikat pendidikan karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai, yakni pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri dalam rangka membina kepribadian generasi muda. Oleh sebabitupenelitianinimemaparkan lima karakter yang menjadipriotitaspenguatanpendidikankarakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mendeskripsikangambaranperilakukepemimpinantransformasionalkepalasekolahdalamrangkapenguatanpendidikankarakter, (2) mendeskripsikanpihak yang terlibatdalampelaksanaanpenguatanpendidikankarakter, (3) mendeskripsikan strategi yang diterapkandalampelaksanaanpenguatanpendidikankarakter, (4) mendeskripsikanfaktorpendukungpelaksanaanpenguatanpendidikankarakter, (5) mendeskripsikanupayamengoptimalkanfaktorpendukungdalampelaksanaanpenguatanpendidikankarakter, (6) mendeskripsikanfaktorpenghambatdalampelaksanaanpenguatanpendidikankarakter, (7) mendeskripsikanupayauntukmengatasifaktorpenghambatdalampelaksanaanpenguatanpendidikankarakter.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus. Adapun data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Kepala SD Negeri Pandanrejo 02 menggambarkan perilaku pemimpin yang transformasional dengan ditunjukkanmelaluiberbagaitindakan yang meliputipemberianarahan dan contoh, komunikasi yang baik, selalumemotivasi, dan membuat program sesuaidenganvisi dan misisekolah, yang mana program pendidikan karakter bersumber dari nilai agama, nilai Pancasila, Budaya, dan tujuan pendidikan nasional, yang berusahauntukmengembangkan lima nilaikarakterpriotitas, (2) pihak yang dilibatkan dalam pelaksanaannya adalah pihak internal yang meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik, serta pihak eksternal atau stakeholder yang terdiri dari wali murid, komite, dan masyarakat, (3) strategi yang digunakan dalam implementasi pendidikan karakter melalui intrakurikuler, pembelajaran daring dan tatap muka, kokurikuler, dan kegiatan ekstrakurikuler, (4) faktor pendukung penguatan pendidikan karakter muncul dari masing-masing peserta didik, kepala sekolah, guru, sampai dengan wali murid (5) usaha yang dilakukan untuk mengoptimalkan faktor pendukung antara lain mempersiapkanperencanaan program, ikut serta dalam pelatihan, keterlibatan seluruh pihak, pengintegrasian program pada seluruh kegiatan sekolah, buku rekaman perilaku bekerja sama dengan wali murid, dukungan wali murid, (6) faktor yang menjadi penghambat diantaranyaPandemi covid-19,latar belakang peserta didik, kurangnya sarana dan prasarana, dan kenakalan perilaku peserta didik yang sulit dikendalikan (7) upaya mengatasinya berupamemberikan perhatian dan kasih sayang dan tenaga pendidik dengan diikutkan kegiatan pelatihan, musyawarah, dan pengembangan profesi guru, bekerjasamadengan orang tuaterkaitpemantauanperilakupesertadidik di rumah, menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang mencari referensi terkait pengajaran pendidikan karakter. Saran penelitianiniyaitu: (1) Kepala SD Negeri Pandanrejo 02 Kota Batu, dapat melaksanakan kepemimpinan transformasional yang meliputi pemberdayaan pada seluruh aspek khususnya dalam usaha pembinaan warga sekolah dan selalu menghadirkan program inovatif dalam penguatan pendidikan karakter, (2) Guru SD Negeri Pandanrejo 02 Kota Batu, dapat mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter yang lebih maksimal pada peserta didik demi terciptanya generasi yang berkualitas dan berlandaskan Pancasila (3) Orang tua peserta didik, hasil penelitian ini diharapkan sebagai sebagai bahan ilmu pengetahuan dan pembelajaran sehingga orang tuadapat memahami karakter peserta didik dan selaluberusahadalammenanamkannilai-nilaikarakter yang adakapansaja dan di mana saja, (4) Ketua Departemen Pendidikan Universitas Negeri Malang, penelitian ini sebagai karya ilmiah untuk tinjauan pustaka dan sebagai bahan refrensi dalam melaksanakan perkuliahan (5) Peneliti lain, dapat mengembangkan teori yang lebih luas yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasional dalam rangka penguatan pendidikankarakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:34
Last Modified: 14 Nov 2022 08:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item