Makna aktivitas berorganisasi bagi mahasiswa aktivis jurusan ekonomi pembangunan um angkatan 2018 / AKBARTI NA'IMA - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna aktivitas berorganisasi bagi mahasiswa aktivis jurusan ekonomi pembangunan um angkatan 2018 / AKBARTI NA'IMA

Na'ima, Akbarti (2021) Makna aktivitas berorganisasi bagi mahasiswa aktivis jurusan ekonomi pembangunan um angkatan 2018 / AKBARTI NA'IMA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selain belajar di perguruan tinggi mahasiswa memilih mengikuti kegiatan berorganiasi untuk mengisi waktu luangnya. Namun bergabungnya mahasiswa dalam organisasi memberikan dampak positif dan dampak negative. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tentang Makna Aktivitas Berorganisasi Bagi Mahasiswa Aktivis Jurusan Ekonomi Pembangunan UM Angkatan 2018 . Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus agar dapat mengetahui dan memahami individu lebih mendalam tentang apa yang terjadi di lapangan sesuai dengan pengalaman pribadi informan. Penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan kriteria mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan UM angkatan 2018 yang mengikuti organisasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian data direduksi disajikan dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik pemeriksaan triangulasi sumber dan teknik. Dari penelitian ditemukan beberapa temuan yaitu Organisasi yang di ikuti oleh 3 informan yaitu HMJ EKP sementara 2 lainnya memilih mengikuti BEM FEB UM. Mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2018 memiliki indeks prestasi dalam kategori baik di atas 3 50 dan mengalami kenaikan ketika mengikuti organisasi namun diantaranya pernah mengalami penurunan tetapi tidak signifikan. Keuntungan dari memaknai kegiatan berorganisasi di luar prestasi akademik yaitu mendapatkan banyak pengalaman mendapatkan relasi menguasai public speeking mulai memahami berbagai macam bahasa daerah mengerti berbagai macam latar belakang orang mengetahui caranya kerja tim merasakan pengalaman eksternal kampus serta lebih mengetahui cara berkomunikasi dengan banyak orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259841

Actions (login required)

View Item View Item