Amilusholihah (2021) Pengaruh e-learning, fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Malang / Amilusholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Seorang siswa dalam proses belajarnya dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Faktor eksternal diantaranya adalah penggunaan e-learning fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga. Semakin baik siswa dalam menggunakan e-learning serta ketersediaan fasilitas belajar di rumah yang lengkap dan lingkungan keluarga yang mendukung dapat menstimulasi siswa untuk lebih fokus dan belajar dengan baik. Siswa kelas X IPS di SMAN 2 Malang memiliki hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang rendah dimana lebih dari 50% masih belum mencapai hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan hal tersebut terdapat rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh baik secara parsial maupun simultan variabel e-learning fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan e-learning siswa kondisi ketersediaan fasilitas belajar siswa di rumah dan kondisi lingkungan keluarga siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi seberapa besar penggunaan e-learning ketersediaan fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori yang menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel e-learning ( ) fasilitas belajar di rumah ( ) lingkungan keluarga ( ) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang. Data dalam penelitian ini diambil melalui metode angket untuk variabel bebas dan menggunakan teknik dokumentasi untuk variabel terikat. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan Software SPSS 24 For Windows melalui analisis regresi berganda. Hasil dari regresi data pada penelitian ini selanjutnya dijabarkan melalui kalimat (deskriptif). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian bahwa (1) ada pengaruh e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang (2) ada pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang (3) ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang dan (4) ada pengaruh e-learning fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang. Diharapkan hasil penelitian ini dapat sebagai bahan evaluasi baik bagi pihak guru maupun orang tua agar bersinergi dalam menciptakan proses belajar yang efektif dan efisien untuk mencapai hasil belajar siswa yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:12 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |