Pengaruh pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi dan lingkungan keluarga dalam menumbuhkan niat berwirausaha dengan self-efficacy sebagai variabel mediating pada siswa smk di kabupaten jember / MIRA SRI RASTITI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi dan lingkungan keluarga dalam menumbuhkan niat berwirausaha dengan self-efficacy sebagai variabel mediating pada siswa smk di kabupaten jember / MIRA SRI RASTITI

Rastiti, Mira Sri (2021) Pengaruh pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi dan lingkungan keluarga dalam menumbuhkan niat berwirausaha dengan self-efficacy sebagai variabel mediating pada siswa smk di kabupaten jember / MIRA SRI RASTITI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setelah kelulusan para lulusan baru akan melewati masa kompetitif untuk mencari pekerjaan. Dengan tidak seimbangnya jumlah pencari kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia menyebabkan bertambahnya pengangguran tiap tahunnya. Cara mengatasinya dengan menambah jumlah pekerjaan atau berwirausaha. Namun mengubah mindset pencari kerja ke pencipta kerja menjadi tantangan yang tidak ada habisnya. Banyak penelitian telah dilakukan untuk menganalis faktor apa saja yang mampu meningkatkan niat berwirausaha. Beberapa faktor tersebut seperti pendidikan kewirausahaan literasi ekonomi dan lingkungan keluarga serta self-efficacy yang merupakan faktor internal terhadap pembentukan niat berwirausaha. Tujuan artikel ini adalah untuk mengkaji pengaruh pendidikan kewirausahaan literasi ekonomi lingkungan keluarga dan self-efficacy terhadap niat berwirausaha serta peran mediasi self-efficacy dalam hubungan antara pendidikan kewirausahaan literasi ekonomi lingkungan keluarga dan niat berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK di kabupaten Jember. Sampel pada penelitian ini adalah 396 siswa dari 9 sekolah yang diambil menggunakan rumus slovin dan teknik purposive random sampling dengan ketentuan siswa merupakan pelajar tingkat akhir atau kelas 12 dan telah menempuh pendidikan kewirausahaan pada kelas sebelumnya. Pengujian hipotesis dan penganalisisan data responden pada penelitian ini menggunakan path analisis dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan literasi ekonomi lingkungan keluarga dan self-efficacy terhadap niat berwirausaha. Selain itu juga didapat pengaruh positif pendidikan kewirausahaan literasi ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap self-efficacy. Ditemukan pula self-efficacy juga memediasi secara partial pada hubungan pendidikan kewirausahaan literasi ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap niat berwirausaha. Nilai pengaruh simultan pendidikan kewirausahaan literasi ekonomi lingkungan keluarga dan self-efficacy terhadap niat berwirausaha hanya sebesar 38%. Penelitian ini memperlihatkan bahwa pendidikan kewirausahaan literasi ekonomi dan lingkungan keluarga sangat mampu memberi pengaruh positif terhadap self-efficacy siswa. Self-efficacy siswa tergolong rendah namun memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap niat berwirausaha daripada variabel lainnya. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian pendidikan dan lembaga pendidikan harus bisa memperbaiki sistem pendukung untuk memunculkan sikap berwirausaha dan niat memilih karir berwirausaha setelah lulus serta penting memberikan tambahan pengetahuan ekonomi kepada siswa. Selain itu penting bagi pendidik dan orang tua untuk memberi motivasi agar self-efficacy siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259835

Actions (login required)

View Item View Item