Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Siswa Kelas X jurusan akuntansi di SMK se-Kota Malang / Zahrotul Uyun Hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Siswa Kelas X jurusan akuntansi di SMK se-Kota Malang / Zahrotul Uyun Hamidah

Hamidah, Zahrotul Uyun (2022) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Siswa Kelas X jurusan akuntansi di SMK se-Kota Malang / Zahrotul Uyun Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi penyebab pendidikan di Indonesia berjalan secara daring maupun luring. Hal tersebut menjadi tantangan bagi para pendidik untuk mengerakkan kemampuan serta kreativitas guru dalam mengajar. Kemampuan guru dalam mengajar dimulai dari standar kompetensi pendidik yaitu kompetensi kompetensi pedagogik kepribadian profesional dan sosial. Selain itu siswa dan guru juga memerlukan adanya fasilitas penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar (2) persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian terhadap hasil belajar (3) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar (4) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar (5) persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X angkatan 2020/2021 Jurusan Akuntansi dari SMK Negeri 1 Malang dan SMKN 12 Malang yang berjumlah 215 dengan sampel sebanyak 140 siswa. Data penelitian bersumber dari data primer yakni menggunakan kuesioner dan data sekunder berupa nilai UTS siswa kelas X semester genap. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa dibuktikan dengan nilai t hitung 0 005 lt t tabel 1 9778 dengan sig. 0 136 gt 0 05 (2) tidak terdapat pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa dibuktikan dengan nilai t hitung -0 569 lt t tabel 1 9778 dengan sig. 0 570 gt 0 05 (3) tidak terdapat pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa dibuktikan dengan nilai t hitung -0 029 lt t tabel 1 9778 dengan sig. 0 977 gt 0 05 (4) tidak terdapat pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa dibuktikan dengan nilai t hitung -1 254 lt t tabel 1 9778 dengan sig. 0 212 gt 0 05 dan (5) tidak terdapat pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa dibuktikan dengan nilai t hitung 1 315 lt t tabel 1 9778 dengan sig. 0 191 gt 0 05. Penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh secara bersamaan sebesar 2 3% masih ada 77 7% yang dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian keseluruhan hasil analisis ini tidak mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259721

Actions (login required)

View Item View Item