Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Kelas 3 SDN Grogol 3 - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Kelas 3 SDN Grogol 3

Lailiyah, Khofifatul (2022) Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Kelas 3 SDN Grogol 3. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kondisi rata-rata siswa yang masih rendah menguasai konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini untuk mengenali perbedaan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan sebelum dan sesudah implementasi pembelajaran problem posing kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Grogol 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen dengan ”one group pretest-posttest” sebagai desain penelitiannya. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 31 peserta didik kelas 3 SDN Grogol 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang didapat, diuji menggunakan uji non parametrik wilcoxon signed rank test (uji-t). Hasil tes menyatakan rata-rata 52.26 untuk pretest dan 78.23 untuk posttest. Kemudian, hasil uji hipotesis menyatakan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0, yang artinya 0<0,05. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai tes sebelum dan sesudah implementasi problem posing, dan uji hipotesis menyatakan adanya perbedaan yang signifikan. Maka, kesimpulan hasil penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing berpengaruh positif terhadap hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas 3 SDN Grogol 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:34
Last Modified: 14 Nov 2022 08:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item