Pengembangan E-Module berbasis Drill and Practice pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Mega Puspa Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-Module berbasis Drill and Practice pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Mega Puspa Dewi

Dewi, Mega Puspa (2022) Pengembangan E-Module berbasis Drill and Practice pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Mega Puspa Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan artinya salah satu usaha merencanakan generaasi penerus bangsa untuk melalui dan menerima perkembangan jamaan diera global. Dikehidupan jaman sekarang ini sudah memasuki era modernisasi dimana dalam kegiatan pembelajaran juga sudah mulai mengikuti era tersebut dengan ditunjukkan adanya penggunaan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk yaitu (1) Mengembangkan e-modul (2) Mengetahui kelayakan e-modul (3) Mengetahui hasil belajar setelah menggunakan e-modul berbasih Drill and Practice pada mata pelajaran korespondensi kelas X SMK. Jenis penelitian dan pengembangan penelitian ini dikenal dengan Research and Development (R amp D) mengaju pada model Borg and Gall yang mana ada 10 steps. Hasil saat penelitian (1) Produk e-modul telah berhasil dikembangkan dan di uji cobakan (2) Uji kelayakan e-modul dilihat dari analisis validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 77% jika dikategorikan masuk kategori valid atau layak berdasarkan dari hasil validasi ahli media dan kelompok kecil sama-sama memperoleh nilai sebesar 96% jika dikategorikan masuk kategori sangat valid atau sangat layak jika digunakan (3) Sedangkan berdasarkan uji lapangan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen di kelas X OTKP 1 yaitu hasil nilai rata-rata kelas sebesar 88 sedangkan dikelas kontrol X OTKP 2 yaitu hasilnya 81. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul korespondensi berbasis Drill and Practice berhasil dikembangkan dan bisa dikatakan layak dipakai pada kegiatan pembelajaran karena terdapat perbedaan rata-rata skor kelas antara kelas control dengan kelas eksperimen sebesar 7 yang mana di kelas eksperimen siswa 100% tuntas tetapi kelas control masih ada beberapa siswa yang belum tuntas dan hanya 87% siswa tuntas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259499

Actions (login required)

View Item View Item