Abduh, Mohammad Abdillah Maswa (2022) Meningkatkan keterampilan kearsipan siswa melalui pengembangan media pembelajaran kearsipan elektronik (diapanel) berbasis microsoft access / Moh Abdillah Maswa Abduh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terampil dapat dilakukan melalui berbagai cara salahsatunya melalui dunia pendidikan guna meciptakan SDM terampil dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan menciptakan media pembelajaran berbasis Microsoft Access untuk meningkatkan keterampilan kearsipan siswa. Studi yang dilakukan menggunakan model Reserch and Development Borg and Gall dan disesuaikan. Subyek pengujian dilakukan di dua kelas yaitu kelas X MPLB 1 (kelas Kontrol) dan X MPLB 2 (kelas eksperimen). Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji-t. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan dari media pembelajaran kearsipan digital bahwa thitung gt ttabel (3 56 gt 2 00) maka H0 ditolak itu berarti bahwa kedua kelompok memiliki Nilai Praktik yang berbeda. Hasil posttest antara kelas eksperimen (menggunakan media yang dikembangkan) dengan kelas kontrol (tidak menggunakan media yang dikembangkan) menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen adalah 96 47 nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol 92 06. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran kearsipan digital dianggap efektif dalam meningkatkan keterampilan kearsipan siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 00:51 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259488 |
Actions (login required)
View Item |