Pengembangan e-module berbasis flip pdf professional pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung) / Eka Nurrohmah Irianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis flip pdf professional pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung) / Eka Nurrohmah Irianti

Irianti, Eka Nurrohmah (2021) Pengembangan e-module berbasis flip pdf professional pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung) / Eka Nurrohmah Irianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan yang menyatakan bahwa selama masa pandemi kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara online. Hal ini menyebabkan guru dianjurkan untuk memberikan materi dalam bentuk dokumen atau softfile yang mudah diakses oleh peserta didik. Salah satu bahan ajar yang dapat diberikan guru kepada peserta didik adalah e-module. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru mata pelajaran Kearsipan kelas X serta pengamatan di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung diketahui bahwa kegiatan pembelajaran telah dilaksanakan secara online guru memberikan materi dalam bentuk slide power point peserta didik tidak memiliki buku referensi serta belum ada bahan ajar seperti e-module yang digunakan sebelumnya. Berdasarkan kondisi tersebut maka penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan e-module berbasis Flip PDF Professional pada mata pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung (2) mengetahui kelayakan e-module berbasis Flip PDF Professional pada mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung melalui validasi ahli materi dan ahli e-module (3) mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-module berbasis Flip PDF Professional dengan peserta didik yang tidak menggunakan e-module berbasis Flip PDF Professional pada pelajaran Kearsipan kelas X OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang dikembangkan oleh Borg amp Gall yang kemudian dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) uji coba pemakaian. Pembuatan e-module dibantu dengan aplikasi lain seperti Microsoft Power Point Website 2 APK Builder serta Canva. Subjek uji coba produk terdiri dari ahli materi ahli e-module kelompok kecil dan kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara kuesioner dan tes. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada ranah kognitif. Sedangkan teknik analisis untuk hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan bantuan aplikasi SPSS uji Independent Sample T-Test. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan e-module dan kelas kontrol yang tidak menggunakan e-module. Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa e-module untuk mata pelajaran Kearsipan berbasis Flip PDF Professional bernama E-Module Kearsipan 3.7. Hasil akhir dari e-module dapat dibuka melalui ponsel. Adapun isi dari e-module Kearsipan 3.7 ini antara lain yaitu materi pelajaran kompetensi dasar 3.7 menerapkan penyimpanan arsip dengan lima sistem video pembelajaran langkah-langlah penyimpanan arsip audio dan latihan soal. E-module Kearsipan 3.7 telah melalui tahap validasi dengan hasil penilaian oleh ahli materi sebesar 80 00% penilaian oleh ahli e-module sebesar 97 14% sedangkan uji coba kelompok kecil sebesar 90 83% hal ini menunjukkan bahwa E-module Kearsipan 3.7 layak atau valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan hasil uji Independent Sample T-Test berbantu SPSS 21 pada hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0 001 lt 0 05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima yang dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan e-module (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan e-module (kelas kontrol). Saran pemanfaatan untuk e-module Kearsipan ini agar peserta didik dapat menggunakannya dengan maksimal antara lain yaitu hendaknya peserta didik membaca buku panduan penggunaan sebelum mengoperasikan e-module sebaiknya pastikan ponsel terhubung dengan internet agar dapat memanfaatkan semua fitur yang ada selain itu hendaknya peserta didik menggunakan ponsel android untuk menjalankan e-module. Saran diseminasi antara lain yaitu penyebarluasan produk hendaknya memperhatikan kebutuhan e-module dapat disebarluaskan kepada guru Kearsipan lain di SMK Negeri 1 Boyolangu. Sedangkan untuk saran pengembangan produk selanjutnya diantaranya yaitu diharapkan adanya pengembangan e-module untuk mata pelajaran atau kompetensi dasar lain pengembangan e-module yang akan datang diharapkan dapat mengakses video pembelajaran audio serta latihan soal secara offline pengembangan e-module berbasis Flip PDF Professional yang akan datang diharapkan dapat dijalankan pada sistem operasi iOS pengembangan e-module berbasis Flip PDF Professional selanjutnya diharapkan dapat memuat soal-soal dengan kriteria HOTS (Higher Order Thingking Skills) secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259475

Actions (login required)

View Item View Item