Pengembangan e-modul berbasis epub pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Dina Nur Shabrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis epub pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Dina Nur Shabrina

Shabrina, Dina Nur (2021) Pengembangan e-modul berbasis epub pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Dina Nur Shabrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih pada masa kini berdampak positif dan berpengaruh pada pendidikan di Indonesia sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Terlebih lagi pemanfaatan teknologi sangat membantu di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Proses pembelajaran memerlukan bahan ajar yang inovatif agar mudah dipahami oleh peserta didik. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya pengembangan pada bahan ajar berupa E-Modul dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Sejalan dengan penelitian dan pengembangan ini yaitu bertujuan untuk (1) Mengembangkan E-Modul berbasis EPUB (2) Mengetahui kelayakan produk E-Modul berbasis EPUB melalui ahli media dan materi (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan E-Modul berbasis EPUB. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan R amp D mengambil teori dari Dick amp Carey yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) Menganalisis Kebutuhan Pembelajaran (2) Merumuskan Tujuan Kinerja (3) Pengembangan Media Pembelajaran (4) Validasi Produk dan Revisi Produk (5) Merancang dan Melaksanakan Tes Formatif (6) Revisi Umum (7) Merancang dan Melaksanakan Tes Sumatif. Produk diujicobakan kepada siswa kelas X OTP di SMK PGRI 2 Malang. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran yang diberikan validator dan peserta didik melalui wawancara dan angket. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor angket validasi ahli media angket validasi ahli materi angket peserta didik/pengguna dan hasil belajar peserta didik ranah kognitif yang kemudian dianalisis menggunakan rumus deskriptif dengan perhitungan rata-rata nilai Posttest 1 dan Posttest 2. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah E-Modul berbasis EPUB bernama INTERMO (Interactive E-Module) yang dibuat menggunakan bantuan software Adobe Indesign sehingga file berformat EPUB dengan materi KD 3.8 Menganalisis Surat Niaga. E-Modul berbasis EPUB yang dikembangkan dikemas secara interaktif serta menyajikan materi yang dilengkapi navigasi menu sub-sub materi berisi teks beserta contoh gambar dan video yang terintegrasi dengan link youtube. Selain itu juga terdapat evaluasi berupa latihan soal dalam E-Modul berbasis EPUB yang terintegrasi dengan Google Form sehingga peserta didik dapat langsung mengerjakan latihan soal tersebut. Hasil penilaian oleh validasi ahli materi sebesar 94 67% kemudian validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 99% sedangkan untuk uji coba kelompok kecil diperoleh nilai sebesar 92 67%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis EPUB dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Korespondensi kelas X OTP. Hasil rata-rata nilai posttest 2 pada KD 3.8 menunjukkan lebih besar dari pada rata-rata nilai posttest 1 pada KD 3.7 yang artinya terdapat perbedaan saat menggunakan E-Modul berbasis EPUB dan diperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada yang tidak menggunakan E-Modul berbasis EPUB. Hal ini ditinjau dari perhitungan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan E-Modul berbasis EPUB sebesar 84 4 sedangkan yang tidak menggunakan E-Modul berbasis EPUB sebesar 75. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis EPUB efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan E-Modul berbasis EPUB lebih inovatif dengan kompetensi dasar yang lebih lengkap pada semester genap serta penggunaannya dapat dioperasikan pada sistem iOs. Selain itu E-Modul berbasis EPUB dapat disebarkan secara luas dengan diunggah melalui Google Play Book sehingga lebih mudah untuk diakses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259473

Actions (login required)

View Item View Item