Pengembangan media animasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran kearsipan di SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen / Renni Ade Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran kearsipan di SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen / Renni Ade Pratiwi

Pratiwi, Renni Ade (2021) Pengembangan media animasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran kearsipan di SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen / Renni Ade Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada pandemi Covid-19 ini mengalami perkembangan dan perubahan yang begitu pesat dalam bidang pendidikan. Seorang guru harus lebih berinovatif dan kreatif dalam pembelajaran secara jarak jauh sehingga guru harus dapat memanfaatkan berbagai macam media agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran Kearsipan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen terdapat fakta bahwa kurang adanya variasi dalam penggunaan media pembelajaran sehingga membuat peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran dan pemahaman juga masih rendah. Selain itu sumber belajar yang digunakan peserta didik masih terbatas dari guru sehingga hal ini menunjukkan bahwa sikap bertindak berdasarkan inisiatif sendiri masih rendah. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk media animasi berbasis android sebagai media pembelajaran pada penggunaan peralatan kearsipan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media animasi berbasis android sebagai media pembelajaran pada penggunaan peralatan kearsipan. (3) Untuk mengetahui apakah media animasi berbasis android dapat kemandirian belajar peserta didik pada penggunaan peralatan kearsipan. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model research and development Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 9 langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi produk (6) Uji coba produk I (7) Revisi produk (8) Uji coba produk II dan (9) Produk akhir. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran animasi berbasis android yang bernama Media Peralatan Kearsipan (MERAK) pada KD 3.3 menerapkan prosedur penggunaan peralatan kearsipan secara menarik. Hasil validasi ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil adalah ldquo Sangat Valid rdquo dan layak digunakan. Sedangkan uji kemandirian belajar peserta didik meningkat sebesar 19 84%. Rata-rata nilai kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan media lebih tinggi daripada peserta didik yang tidak menggunakan. Diperoleh kesimpulan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dan dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian pengembangan. Saran yang diberikan untuk pengembang selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran dengan kompetensi dasar yang lainnya mengemas materi pembelajaran dalam bentuk aplikasi android secara lebih lengkap dan menarik namun dengan ukuran file yang lebih kecil dan adanya pengembangan produk pada sistem operasi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259472

Actions (login required)

View Item View Item