Pengembangan m-learning berbasis android studio untuk meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada peserta didik kelas x OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dwi Widyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan m-learning berbasis android studio untuk meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada peserta didik kelas x OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dwi Widyawati

Widyawati, Dwi (2021) Pengembangan m-learning berbasis android studio untuk meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada peserta didik kelas x OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dwi Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia memiliki upaya untuk meningkatkan taraf pendidikan dengan mengadopsi pembelajaran pada abad 21 dimana tiap-tiap orang harus mempunyai pemikiran kritis pengetahuan dan kemampuan literasi digital literasi informasi literasi media dan menguasai teknologi serta komunikasi. Sejalan dengan kondisi saat ini yaitu pandemi Covid-19 maka sebagai salah satu upaya mengatasi penyebarannya adalah dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) termasuk di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Kondisi tersebut menjadi sebuah tantangan pada dunia pendidikan agar dapat beradaptasi. Salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada dengan lebih maksimal. Sesuai dengan fenomena serta kondisi tersebut maka penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) Megembangkan media pembelajaran M-Learning berbasis Android Studio pada mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari 2) Mengetahui kelayakan pada media pembelajaran M-Learning berbasis Android Studio pada mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari melalui ahli materi dan ahli media 3) Mengetahui efektivitas produk melalui uji beda self-regulated learning dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran M-Learning berbasis Android Studio pada mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan menggunakan model Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain 6) Uji coba produk 7) Revisi produk 8) Uji coba pemakaian. Produk diuji cobakan pada peserta didik kelas X OTKP 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa hasil observasi wawancara kuisioner dan lembar tes. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitaif. Teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan tingkat self-regulated learning menggunakan deskriptif persentase dan hasil belajar menggunakan uji independent sample t-test. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran m- learning berbasis Android Studio bernama FAST (Five Archive Storage Systems) yang mengemas materi Kearsipan KD 3.7 Menerapkan penyimpanan arsip sistem abjad subjek nomor tanggal wilayah. Ciri khas atau keunikan dari produk yang dihasilkan adalah produk berukuran kecil sehingga mudah untuk diinstal mendukung pembelajaran secara mandiri serta materi dikemas secara menarik dengan teks dan juga video. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 96% dengan kategori sangat valid validasi ahli media memperoleh persentase 97 % dengan kategori sangat valid serta hasil penilaian dari uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat valid sehingga dapat disimpulan bahwa produk yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis self-regulated learning menggunakan deskriptif persentase pada kelas eksperimen terbukti lebih tinggi yaitu 79% sedangkan kelas kontrol sebesar 76% selanjutnya hasil analisis hasil belajar peserta didik melalui uji independent sample t-test berbantuan aplikasi SPSS 21 menunjukkan perolehan sig. (2)tailed 0 047 le 0 05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan m-learning FAST pada mata pelajaran Kearsipan efektif untuk meningkatkan self-regulated learning peserta didik dan hasil belajar kelas X OTKP di SMK Muahmmadiyah 3 Singosari. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah adanya pengembangan media pada KD lainnya serta mata pelajaran lainnya selain pada android dapat digunakan pada sistem operasi lain seperti iOS dan agar dapat dipublikasikan di toko aplikasi seperti google Play Store supaya dengan mudah ditemukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259471

Actions (login required)

View Item View Item