Pengembangan aplikasi support virtual classroom berbasis android pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan kemandirian belajar (studi pada peserta didik kelas x otkp smk negeri 2 kediri ) / FHERNANDA YUNISTAMA AJI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi support virtual classroom berbasis android pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan kemandirian belajar (studi pada peserta didik kelas x otkp smk negeri 2 kediri ) / FHERNANDA YUNISTAMA AJI

Aji, Fhernanda Yunistama (2021) Pengembangan aplikasi support virtual classroom berbasis android pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan kemandirian belajar (studi pada peserta didik kelas x otkp smk negeri 2 kediri ) / FHERNANDA YUNISTAMA AJI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu cepat dan pesat. Teknologi saat ini dimanfaatkan oleh pihak sekolah seperti guru dan peserta didik sebagai sarana penunjang kegiatan pendidikan. Namun saat ini Wabah virus covid-19 (Coronavirus Desease) telah menggemparkan dunia akhir-akhir ini. Virus ini memakan banyak sekali korban sehingga menyebabkan permasalahan yang serius di dunia kesehatan. Bentuk penangan dari wabah covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Salah satu aspek yang terdampak adalah pendidikany ang mengakibatkan pembelajaran saat ini dilakukan secara daring (online) sehingga guru dituntut untuk kreatif mengoptimalkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media pembelajaran berbasis android yaitu Support Virtual Classroom (SVC) berbasis Kodular untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Produk media pembelajaran yang dikembangkan terdapat banyak menu dan fitur yang mempermudah penggunaan dalam pengoperasiannya Cakupan materi yang lengkap serta ukuran file sebesar 28 MB dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan deskriptif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Korespodensi yang bernama Support Virtual Classroom (SVC) yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Korespodensi oleh ahli media ahli materi dan 6 mahasiswa uji coba kelompok kecil serta terbukti terdapat perbedaan kemandirian belajar pada uji coba kelompok besar dimana hasil tes kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Support Virtual Classroom (SVC) layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar Peserta didik pada mata pelajaran Korespodensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259468

Actions (login required)

View Item View Item