Penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas x otomatisasi tata kelola perkantoran di smk negeri 2 blitar / I Gusti Ayu Ratu Dewi Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas x otomatisasi tata kelola perkantoran di smk negeri 2 blitar / I Gusti Ayu Ratu Dewi Permatasari

Permatasari, I Gusti Ayu Ratu Dewi (2021) Penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas x otomatisasi tata kelola perkantoran di smk negeri 2 blitar / I Gusti Ayu Ratu Dewi Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran kearsipan dan peserta didik diperoleh informasi bahwa pada mata pelajaran kearsipan selama penerapan belajar di rumah hanya diterapkan dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp sehingga terbatas untuk pelaksanaan belajar mengajar serta terjadi ketidak seimbangan pada pencapaian hasil belajar terhadap beberapa peserta didik yang mendapatkan hasil belajar jauh dari ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom (2) hasil belajar peserta didik setelah dilaksanakannya penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom (3) respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 2 Blitar. Data dikumpulkan melalui (1) Wawancara (2) Observasi (3) Catatan Lapangan (4) Tes (5) Dokumentasi (6) Angket. Analisis data melalui reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan . Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dan mencakup empat tahapan utama yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah (1) penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom pada kompetensi dasar mengevaluasi arsip dalam rangka menentukan retensi arsip terlaksana dengan baik (2) Penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan diperolehnya nilai rata-rata kelas pada posttest siklus I adalah 82 72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91 67% dan meningkat pada hasil posttest siklus II dengan rata rata 84 69 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94 44%. (3) Serta penerapan pembelajaran discovery learning secara daring dengan google classroom mendapatkan respon baik dari peserta didik dengan ditunjukkan rata-rata peserta didik menjawab setuju sebesar 61 47% dan tidak setuju sebesar 38 53% pada indikator penerimaan peserta didik pada kemudahan google classroom yang digunakan pada pembelajaran daring dan pada indikator performa google classroom rata-rata peserta didik menjawab setuju 65 44% dan tidak setuju sebesar 34 56%. Saran bagi guru dari peneliti adalah agar dapat memperhatikan fokus belajar dan kedisiplinan peserta didik dan dapat meningkatkan keterampilan dengan berbagai aplikasi untuk penerapan pembelajaran daring bagi peserta didik untuk lebih fokus dan aktif dalam melaksanakan pembelajaran daring serta bagi peneliti selanjutnya untuk dapat melaksanakan penelitian dengan memperhatikan kekurangan-kekurangan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259461

Actions (login required)

View Item View Item