Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran teknologi perkantoran (studi pada peserta didik Kelas X otkp SMK Negeri 2 Blitar) / Kristina Tri Widia Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran teknologi perkantoran (studi pada peserta didik Kelas X otkp SMK Negeri 2 Blitar) / Kristina Tri Widia Astuti

Astuti, Kristina Tri Widia (2021) Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran teknologi perkantoran (studi pada peserta didik Kelas X otkp SMK Negeri 2 Blitar) / Kristina Tri Widia Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astuti K. T. W. 2021. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Flipbook Teknologi Perkantoran Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini semakin maju dengan pesat hal ini membuat semua orang tidak dapat lepas dari teknologi dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Tidak hanya mempengaruhi aktivitas sehari-hari saja namun hampir semua aktivitas masyarakat saat ini telah memanfaatkan teknologi untuk menunjangnya termasuk juga dalam bidang pendidikan. Dengan adanya hal tersebut maka diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut terhadap bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan bahan ajar E-Modul (2) Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar E-Modul berbasis Flipbook melalui validitas ahli modul dan ahli materi (3) Menghasilkan buku panduan pembuatan dan penggunaan E-Modul berbasis Flipbook. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) dari Borg and Gall yang memiliki 10 langkah. Namun peneliti telah memodifikasi 10 langkah tersebut menjadi 7 langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain dan (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X OTKP 4 SMK Negeri 2 Blitar. Terdapat dua jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran melalui kuisioner yang dianaisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan data kuantitatifdiperoleh dari hasil instrumen validasi ahli modul validasi ahli materi serta instrumen penilaian peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil produk akhir dari penelitian dan pengembangan ini merupakan sebuah bahan ajar berupa E-Modul yang memuat materi pelajaran Teknologi Perkantoran kelas X semester ganjil KD 3.1 KD 3.2 serta KD 3.3 yang dapat diakses secara online menggunakan Smarthphone laptop maupun komputer melalui web. Hasil dari validasi menunjukkan bahwa E-Modul ini layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar penunjang kegiatan pembelajaran. Hal tersebut didasarkan pada penilaian validasi ahli modul sebesar 89 33% kemudian penilaian validasi ahli materi sebesar 89 33% serta untuk uji coba penggunaan pada kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 87 85% sehingga E-Modul ini sangat layak digunakan. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah dapat mengembangkan bahan ajar E-Modul yang dapat diakses secara online maupun offline.menambahkan menu untuk mengirim hasil jawaban dari latihan soal ataupun mengembangkan produk serupa pada kompetensi dasar yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259456

Actions (login required)

View Item View Item