Pengembangan e-modul berbasis 3d pageflip professional dengan model discovery learning pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri) / Nadhiifa Eka Asmarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis 3d pageflip professional dengan model discovery learning pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri) / Nadhiifa Eka Asmarani

Asmarani, Nadhiifa Eka (2021) Pengembangan e-modul berbasis 3d pageflip professional dengan model discovery learning pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri) / Nadhiifa Eka Asmarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memasuki Era Industri 4.0 dampak dari digitalisasi media dirasa semakin luas dan kuat. Peningkatan terhadap mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia di Indonesia. Pendidik harus lebih kreatif dan inovatif menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Perkembangan bahan ajar diharapkan bisa berjalan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini yaitu dengan membuat modul elektronik. Kondisi nyata yang ada di lapangan yaitu guru belum bisa memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang ada dalam pembelajaran. Selain penyajian dari bahan ajar yang menarik diperlukan penerapan model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 sangat disarankan menggunakan pendekatan saintifik yaitu discovery learning agar dapat mengorganisir pengalaman belajar secara berurutan yang logis. E-modul menggunakan software 3D PageFlip Professional dengan model discovery learning yang diharapkan dapat membuat peserta didik lebih mandiri. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan e-modul administrasi umum berbasis 3D PageFlip Professional dengan model discovery learning pada peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri (2) Mengetahui kelayakan media melalui validasi ahli e-modul dan ahli materi serta respon pengguna (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-modul dengan yang tidak menggunakan e-modul administrasi umum berbasis 3D PageFlip Professional dengan model discovery learning. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg amp Gall (1983) dalam Sugiyono yaitu R amp D (Research and Development) yang di modifikasi karena adanya keterbatasan waktu menjadi 9 langkah yang meliputi 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk Akhir. Hasil dari penelitian dan pengembangan berupa e-modul administrasi umum dengan menu Pendahuluan Kegiatan Belajar Latihan Soal. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan laptop secara offline. Hasil validasi ahli e-modul dan materi dinyatakan ldquo Sangat Valid rdquo dengan presentase 98 39% dan 96 78%. Uji coba kelompok kecil kepada 6 pengguna (Peserta Didik Kelas X OTKP 1) didapatkan respon bahwa 84 82% menyatakan setuju dan menunjukkan bahwa e-modul administrasi umum efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan e-modul ini adalah perlu adanya perluasan materi agar dapat digunakan oleh seluruh jenjang peserta didik dan perlu adanya pengembangan kreatifitas agar tampilan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259450

Actions (login required)

View Item View Item