Pengembangan media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di spotify sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh (pjj) pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel (studi pada peserta didik kelas xi kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran / Nihayatul Umniyyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di spotify sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh (pjj) pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel (studi pada peserta didik kelas xi kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran / Nihayatul Umniyyah

Umniyyah, Nihayatul (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di spotify sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh (pjj) pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel (studi pada peserta didik kelas xi kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran / Nihayatul Umniyyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Umniyyah Nihayatul. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Menggunakan Podcast di Spotify Sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel (Studi pada Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Podcast Spotify PJJ Pengelolaan Bisnis Ritel Sejak munculnya wabah Covid-19 Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberlakukan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Secara tidak langsung guru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan keadaan tersebut. Diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat menyalurkan materi kepada peserta didik ketika ketidakmungkinan pembelajaran tatap muka. Media pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan kondisi dan kemampuan peserta didik. Hadirnya Pod.Rite yang merupakan media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di Spotify adalah sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Materi pelajaran disajikan dalam bentuk audio yang dapat diakses kapan saja dimana saja dan tidak boros kuota internet. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di Spotify (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran melalui validasi ahli materi validasi ahli media dan validasi ahli bahasa (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran dalam menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian yang diungkapkan oleh Sugiyono dan telah dimodifikasi oleh peneliti yang terdiri dari 9 tahap penelitian sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi I oleh ahli (5) revisi berdasarkan validasi ahli (6) validasi II oleh ahli (7) uji coba lapangan (8) revisi berdasarkan uji coba lapangan (9) produksi massal. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi angket dan tes. Kegiatan analisis data meliputi analisis data kuantitatif analisis data kualitatif dan uji efektivitas. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di Spotify memperoleh hasil yang sangat layak dari validasi ahli media validasi ahli materi validasi ahli bahasa dan hasil uji coba lapangan. Output dari group statistic yang diolah di SPSS menunjukkan rata-rata (mean) hasil posttest yang diperoleh dari kelas eksperimen sebesar 82 59 dan kelas kontrol sebesar 72 17. Berdasarkan hasil validasi tenaga ahli uji coba lapangan dan hasil posttest dapat diketahui bahwa media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di Spotify tergolong layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dinilai efektif dalam menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) khususnya pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Kompetensi Dasar Menganalisis dan Membuat Laporan Tentang Lembaga Waralaba dan Peranannya. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan media pembelajaran ini adalah (1) mengunduh podcast terlebih dahulu sebelum mendengarkan 2) guru mengontrol peserta didik untuk memastikan mereka telah mempelajari seluruh materi yang ada di podcast. Diseminasi media pembelajaran menggunakan podcast dapat dilakukan melalui rapat guru MGMP atau pameran pendidikan. Pengembangan yang dapat dilakukan oleh peneliti selanjutnya (1) ditambahkan podcast berupa video dalam materi yang membutuhkan ilustrasi yang lebih kompleks (2) membuat percakapan dalam podcast menjadi lebih interaktif (3) materi yang disampaikan dikemas menjadi lebih ringan (4) pengembangan produk pada kompetensi dasar atau mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259327

Actions (login required)

View Item View Item