Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan stem - model pbl materi psikotropika untuk melatih keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif Siswa Kelas XI SMAN 1 Turen / Bella Ayu Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan stem - model pbl materi psikotropika untuk melatih keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif Siswa Kelas XI SMAN 1 Turen / Bella Ayu Ratnasari

Ratnasari, Bella Ayu (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan stem - model pbl materi psikotropika untuk melatih keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif Siswa Kelas XI SMAN 1 Turen / Bella Ayu Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memasuki era revolusi industri keempat 2020 sumber daya manusia membutuhkan keterampilan abad XXI yang mencakup 4C yaitu critical thingking and problem solving communication collaboration creativity and innovation. Kebutuhan abad XXI di Indonesia bisa dicapai dengan beberapa pendekatan salah satunya pendekatan STEM. STEM merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan keempat ilmu yaitu sains teknologi teknik dan matematika untuk mencari suatu solusi dari suatu permasalahan. Kegiatan tersebut akan mengembangkan proses berpikir kritis dan berpikir kritis siswa. Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dipadukan dengan pendekatan STEM ilmiah atau pendekatan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus RPP UKBM dan instrumen penilaian berbasis STEM dengan model PBL yang valid dan praktis.Rancangan penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Perangkat pembelajaran ini divalidasi oleh ahli perangkat pembelajaran ahli materi ahli asesmen dan ahli praktisi lapangan. Pada uji kepraktisan dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis STEM sangat valid/layak dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi silabus oleh ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi yaitu 98 45% dan 100%. Hasil validasi RPP oleh ahli perangkat pembelajaran ahli praktisi lapangan dan ahli materi yaitu 94 44% 100% dan 100%. Hasil validasi UKBM oleh ahli perangkat pembelajaran ahli materi ahli praktisi lapangan yaitu 100% 100% dan 100 %. Hasil validasi instrumen penilaian oleh ahli asesmen pada validitas isi validitas konstruk dan validitas bahasa yaitu 99 33% 99 75% dan 99 67% sedangkan oleh ahli praktisi lapangan yaitu 100% 100% dan 100%. Hasil kepraktisan melalui angket respon siswa terhadap UKBM pada uji one-to-one skala kecil dan skala besar menghasilkan 78 67% 80 3% dan 81 63%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259314

Actions (login required)

View Item View Item