Rochmah, Azizah Nur (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis mobile learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi Siswa Kelas X SMAN 10 Malang / Azizah Nur Rochmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan keterampilan berpikir kritis di Indonesia masih tergolong rendah. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di SMAN 10 Malang berada pada skor 56%. Selain itu rerata hasil belajar biologi kelas X siswa SMAN 10 Malang berada di bawah KKM yaitu 55 dari 75. Penggunaan media pembelajaran biologi di SMAN 10 Malang hanya terbatas pada Microsoft powerpoint. Materi yang dibawakan adalah materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan. Materi tersebut menuntut siswa untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan mampu mengatasi permasalahan yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dalam materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan di SMAN 10 Malang tergolong konvensional. Tujuan dalam penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Silabus RPP UKBM serta Instrumen Penilaian berbasis mobile learning pada materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan yang valid dan praktis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 10 Malang. Penelitian dan pengembangan menggunakan model Lee and Owens yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Penilaian atau analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Tahapan Implementasi tidak dilakukan mengingat kondisi pandemi COVID-19. Validasi dan kepraktisan yang dilakukan menunjukkan perangkat pembelajaran dan mobile learning yang sangat valid praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259312 |
Actions (login required)
View Item |