Pengembangan e-module berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Kelas XI di SMAN 10 Malang / Farah Fatimatuzzahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Kelas XI di SMAN 10 Malang / Farah Fatimatuzzahro

Fatimatuzzahro', Farah (2022) Pengembangan e-module berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Kelas XI di SMAN 10 Malang / Farah Fatimatuzzahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Biologi pada abad 21 menuntut siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis sebagai persiapan dan peningkatan hasil belajar menuju kualitas pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 10 Malang materi sistem pencernaan. Materi Sistem Pencernaan dipilih karena memuat permasalahan dan analisis penjelasan yang cukup kompleks terkait mekanisme terjadinya suatu aktivitas sehari-hari sehingga cocok dengan model pembelajaran yang dipilih yaitu PBL. Model pengembangan ADDIE yang diadaptasi dari Branch (2009) digunakan dalam penelitian ini. Hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan praktisi pendidikan biologi secara berurutan yakni 100% 100% dan 98% yang tergolong sangat valid. Hasil uji coba melalui pemberian angket respons siswa dengan penjabaran uji coba perorangan skala kecil skala besar dan conduct a pilot test secara berurutan yakni 97% 93% 93% dan 98% tergolong sangat praktis. Sedangkan uji keefektifan dilakukan dengan mengimplementasikan e-module dalam kegiatan pembelajaran di kelas XI MIPA 5 secara online dan offline. Hasil tes awal dan tes akhir berpikir kritis dan hasil belajar keduanya menunjukkan rerata nilai n-gain sebesar 0 7 yang tergolong tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka e-module berbasis PBL materi Sistem Pencernaan yang dikembangkan tergolong sangat valid efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Dengan demikian e-module layak digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259309

Actions (login required)

View Item View Item