Pengembangan perangkat pembelajaran berntuk meningkatkabasis inquiry learning melalui kegiatan field trip pada materi plantae un keterampilan berfikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa kelas x SMAI Diponegoro Wagir memanfaatkan potensi lokal precet forest park / Lingga Mofa Diah Lorentin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berntuk meningkatkabasis inquiry learning melalui kegiatan field trip pada materi plantae un keterampilan berfikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa kelas x SMAI Diponegoro Wagir memanfaatkan potensi lokal precet forest park / Lingga Mofa Diah Lorentin

Lorentin, Lingga Mofa Diah (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran berntuk meningkatkabasis inquiry learning melalui kegiatan field trip pada materi plantae un keterampilan berfikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa kelas x SMAI Diponegoro Wagir memanfaatkan potensi lokal precet forest park / Lingga Mofa Diah Lorentin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang diharapkan oleh kurikulum 2013 adalah menggunakan pendekatan saintifik dan berbasis kontekstual sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna karena tercipta kondisi pembelajaran yang menyenangkan menantang dan mengembangkan kreativitas siswa. Potensi lokal yang ada di sekitar sekolah dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk menunjang kebutuhan dalam pembelajaran serta sebagai sarana untuk memperoleh pengamalan belajar yang berbasis kontekstual.Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi SMAI Diponegoro Wagir bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini belum sesuai dengan rencana yang telah disusun karena harus menyesuaikan kondisi siswa saat di kelas dan kurang berbasis kontekstual karena keterbatasan sarana yang disediakan oleh sekolah serta motivasi belajar siswa yang tergolong rendah. Untuk menciptakan pengalaman belajar berbasis kontekstual maka bisa dimanfaatkan potensi lokal Precet Forest Park (PFP) untuk menunjang proses pembelajaran pada materi Plantae. Selain itu kurikulum 2013 juga menyarankan supaya dalam proses pembelajaran siswa didorong untuk meningkatkan keterampilan abad 21 diantaranya keterampilan berfikir kritis dan keterampilan kolaborasi. Keterampilan berfikir kritis penting untuk dikembangkan sebab siswa akan terbiasa berpikir untuk berusaha memberikan logika alasan dalam memahami dan membuat pilihan yang kompleks sehingga perlu untuk dibiasakan melalui proses pembelajaran dimana juga dibutuhkan keterampilan abad 21 lainnya untuk menunjang keterampilan berfikir kritis yaitu keterampilan kolaborasi sebab keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan yang selalu dibutuhkan pada setiap konteks kehidupan dan sangat penting untuk dikembangkan. Untuk menunjangpeningkatan keterampilan berfikir kritis dan kolaborasi digunakan model pembelajaran yang memicu siswa untuk aktif sesuai dengan saran dari Permendikbud salah satunya adalah Model Inquiry. Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran materi Plantae melalui pemanfaatan sumber belajar Precet Forest Park (PFP) untuk SMAI Diponegoro Wagir yang valid praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi Silabus RPP LKPD Panduan Kunjungan dan Gambaran Lokasi yang kesemuanya harus melalui proses validasi yang dilakukan oleh ahli perangkat ahli materi ahli lapangan beserta pengelola potensi lokal Precet Forest Park (PFP). Setelah divalidasi selanjunya dilakukan revisi berdasarkan saran yang diberikan oleh validator. Sebelum dilakukan implementasi di SMAI Diponegoro Wagir dalam skala besar terlebih dahulu diuji cobakan untuk skala kecil dan dilakukan revisi kajian berdasarkan hasil penilaian di uji coba skala kecil supaya ketika proses implementasi dalam skala besar perangkat yang dikembangkan sudah terjamin praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa SMAI Diponegoro kelas X MIPA diperoleh data pengembangan perangkat pembelajaran untuk uji validasi silabus sebesar 94.54% RPP sebesar 91.42% LKPD sebesar 95.24% panduan observasi sebesar 93% dan gambaran lokasi sebesar 97.5% dimana kesemuanya perangkat yang telah divalidasi menunjukkan kategorisangat valid uji kepraktisan sebesar 91.13% yang menunjukkan kategori sangat praktis dan uji keefektifan sebesar 0.594982 yang menunjukkan kategori sedang sehingga dinilai cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneniliti dinilai layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran biologi materi Plantae kelas X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259303

Actions (login required)

View Item View Item