Problem posing dan Think-Pair-Share (PP-TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu / Eko Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Problem posing dan Think-Pair-Share (PP-TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu / Eko Yulianto

Eko (2012) Problem posing dan Think-Pair-Share (PP-TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu / Eko Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Posing Think Pair Share Motivasi Hasil Belajar Proses pembelajaran akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri seseorang. Pada saat ini pembelajaran dituntut berpusat pada siswa dengan pendekatan konstruktivistik sehingga siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri untuk memenuhi kebutuhan belajarnya sendiri. Untuk membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri maka diterapkan strategi kooperatif. Salah satu strategi kooperatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah penggabungan antara Problem Posing dan Think-Pair-Share (PP-TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu yang menggunakan pembelajaran konvensional dan yang menggunakan strategi kooperatif PP-TPS. Hasil belajar yang diukur dalam penelitian ini meliputi hasil belajar kognitif hasil belajar psikomotor dan hasil belajar afektif. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah kelas X-5 sebagai kelas kontrol X-4 sebegai kelas eksperimen oleh peneliti dan kelas X-6 sebagai eksperimen oleh guru. Data motivasi dan hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan uji Anakova hasil belajar psikomotor menggunakan uji Kruskal-Wallis Tes dan hasil belajar afektif menggunakan uji One-Way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada perbedaan motivasi belajar antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dan yang menggunakan strategi kooperatif PP-TPS. Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen oleh peneliti lebih tinggi 4 7% dibandingkan dengan kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen oleh guru lebih tinggi 1 9% dibandingkan dengan kelas kontrol (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dan yang menggunakan strategi kooperatif PP-TPS. Hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen oleh peneliti lebih tinggi 11 4% dibandingkan dengan kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen oleh guru lebih tinggi 3 1% dibandingkan dengan kelas kontrol (3) tidak ada perbedaan hasil belajar psikomotor antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dan yang menggunakan strategi kooperatif PP-TPS. Namun kesimpulan ini bersifat sementara (4) ada perbedaan hasil belajar afektif antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dan yang menggunakan strategi kooperatif PP-TPS. Hasil belajar afektif siswa pada kelas eksperimen oleh peneliti lebih tinggi 1 6% dibandingkan dengan kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen oleh guru lebih tinggi 0 4% dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25928

Actions (login required)

View Item View Item