Pengembangan UKBM berbasis problem based learning menggunakan flash flip book pada materi ekosistem untuk meningkatkan literasi sains siswa Kelas X di SMAN 1 Lawang / Naizesa Salsabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan UKBM berbasis problem based learning menggunakan flash flip book pada materi ekosistem untuk meningkatkan literasi sains siswa Kelas X di SMAN 1 Lawang / Naizesa Salsabila

Salsabila, Naizesa (2021) Pengembangan UKBM berbasis problem based learning menggunakan flash flip book pada materi ekosistem untuk meningkatkan literasi sains siswa Kelas X di SMAN 1 Lawang / Naizesa Salsabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan untuk memahami dan menerapkan kemampuan sains untuk memecahkan masalah dalam menghadapi permasalahan abad 21. Namun hasil pencapaian literasi sains PISA 2018 Indonesia masuk kedalam tingkatan rendah. Salah satu cara meningkatkan literasi sains yaitu dengan melatih kemampuan yang dimiliki oleh siswa melalui bahan ajar berbasis PBL karena menggunakan permasalahan di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa UKBM berbasis Problem Based Learning dengan menggunakan Flash Flip Book pada materi ekosistem untuk meningkatkan literasi sains serta menguji kevalidan dan kepraktisan dari UKBM yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R amp D (Developmental and Research) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kevalidan UKBM berbasis Problem Based Learning dari ahli materi mendapatkan presentase skor sebesar 84% dengan kriteria cukup valid dari ahli media mendapatkan presentase skor sebesar 94 4% dengan kriteria sangat valid dan dari praktisi lapangan mendapatkan presentase skor sebesar 94 3% dengan kriteria sangat valid (2) kepraktisan UKBM berbasis Problem Based Learning mendapatkan presentase sebesar 88 5% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut UKBM berbasis Problem Based Learning dengan menggunakan Flash Flip Book materi ekosistem dapat digunakan sebagai alternatif baru dalam bahan ajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259279

Actions (login required)

View Item View Item