Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis problem based learning (pbl) materi biologi perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada kelas x SMA Immanuel Batu / Sinta R Pardosi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis problem based learning (pbl) materi biologi perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada kelas x SMA Immanuel Batu / Sinta R Pardosi

Pardosi, Sinta R (2021) Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis problem based learning (pbl) materi biologi perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada kelas x SMA Immanuel Batu / Sinta R Pardosi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM ) siswa berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan kelas X yang valid dan praktis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Branch (2009) yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) analyse (2) design (3) develop (4) implement dan (5) evaluate namun hanya pada tahap pengembangan. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar ahli materi ahli perangkat pembelajaran praktisi pendidikan dan siswa. Sedangkan data kuantitatif melalui nilai validasi dari ahli materi ahli perangkat pembelajaran praktisi pendidikan dan hasil angket respon kepraktisan oleh siswa. UKBM yang dikembangkan diuji coba kelompok kecil terhadap 10 subjek uji coba yaitu siswa kelas XI-MIA SMA Immanuel Batu yang sudah menempuh materi perubahan lingkungan. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi ahli perangkat pembelajaran dan ahli praktisi pendidikan diperoleh persentase masing-masing sebesar 98 80% 100% 97 06% menunjukkan bahwa UKBM yang dikembangkan sangat valid untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa serta berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dihasilkan nilai uji kepraktisan sebesar 98 62% dengan kriteria sangat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk UKBM yang dikembangkan sangat mudah untuk digunakan mudah untuk dimengerti dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259232

Actions (login required)

View Item View Item