Pengembangan media pembelajaran aplikasi berbasis augmented reality pada materi elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu sosiosaintifik / Dina Ayu Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran aplikasi berbasis augmented reality pada materi elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu sosiosaintifik / Dina Ayu Permatasari

Permatasari, Dina Ayu (2022) Pengembangan media pembelajaran aplikasi berbasis augmented reality pada materi elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu sosiosaintifik / Dina Ayu Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat di abad ke-21 akan memberikan dampak pada semua aspek kehidupan terutama dalam pelaksanaan sistem pendidikan. Perkembangan teknologi yang sangat pesat di abad ke-21 menuntut pendidik untuk dapat merubah pendekatan pembelajaran tradisional menjadi pendekatan pembelajaran digital yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Saat ini pembelajaran di sekolah masih sedikit yang menerapkan pembelajaran berkonteks isu sosiosaintifik terutama pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Perlu perencanaan yang harus dipersiapkan oleh guru untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa untuk mengintegrasi konteks isu sosiosaintifik. Perencanaan yang perlu dipersiapkan oleh guru adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran aplikasi berbasis Augmented Reality. Augmented Reality (AR) dapat digunakan untuk memvisualisasikan proses daya hantar listrik pada larutan elektrolit dan non elektrolit. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) yang valid dan layak pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu sosiosaintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan multimedia yang dikembangkan oleh Lee amp Owens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat sesuai sangat lengkap sangat jelas dan sangat baik dengan hasil validasi materi sebesar 87 31 validasi media sebesar 89 09 dan uji keterbacaan sebesar 91 78. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tergolong ke dalam kriteria sangat layak sehingga dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran kimia di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259093

Actions (login required)

View Item View Item