Identifikasi miskonsepsi siswa MAN 2 hulu sungai utara pada materi hidrolisis garam menggunakan tes diagnostik four-tier / Zahratun Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi miskonsepsi siswa MAN 2 hulu sungai utara pada materi hidrolisis garam menggunakan tes diagnostik four-tier / Zahratun Nisa

Nisa, Zahratun (2022) Identifikasi miskonsepsi siswa MAN 2 hulu sungai utara pada materi hidrolisis garam menggunakan tes diagnostik four-tier / Zahratun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi hidrolisis garam membahas konsep yang teramati jelas (konkrit) konsep yang tidak dapat terlihat (abstrak) dan konsep yang melibatkan tiga representasi yaitu makroskopik submikroskopik dan simbolik. Kompleksnya cakupan konsep pada materi hidrolisis garam dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep miskonsepsi dan faktor penyebab miskonsepsi siswa MAN 2 Hulu Sungai Utara pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini diikuti oleh 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa dari XII MIA 1 dan 20 siswa dari XII MIA 4. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa instrumen tes diagnostik four-tier yang terdiri atas 26 soal dan instrumen pedoman wawancara yang terdiri atas 7 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan di sub materi hidrolisis garam yang berasal dari asam kuat dan basa kuat 6 16% siswa paham konsep 52 50% siswa mengalami miskonsepsi. Pada sub materi hidrolisis garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat 8 39% siswa paham konsep 50 71% siswa mengalami miskonsepsi. Pada sub materi hidrolisis garam yang berasal dari asam kuat dan basa lemah 7 86% siswa paham konsep 42 50% siswa mengalami miskonsepsi. Pada sub materi hidrolisis garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah 9 29% siswa paham konsep 41 19% siswa mengalami miskonsepsi. Faktor penyebab miskonsepsi disebabkan oleh peserta didik metode mengajar dan buku teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259092

Actions (login required)

View Item View Item