Pengembangan instrumen penilaian keterampilan argumentasi ilmiah siswa sma berkonteks socioscientific issues (ssi) pada materi asam basa / Lathifah Di Veryan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian keterampilan argumentasi ilmiah siswa sma berkonteks socioscientific issues (ssi) pada materi asam basa / Lathifah Di Veryan

Veryan, Lathifah Di (2021) Pengembangan instrumen penilaian keterampilan argumentasi ilmiah siswa sma berkonteks socioscientific issues (ssi) pada materi asam basa / Lathifah Di Veryan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 yang diterapkan di Indonesia bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang membuat siswa menjadi aktif dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Siswa dituntut untuk aktif berkomunikasi dalam pembelajaran. Argumentasi ilmiah dapat digunakan untuk melatih kemampuan berkomunikasi siswa. Beberapa penelitian menyatakan keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA termasuk dalam kategori rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa yaitu dengan tersedianya instrumen penilaian keterampilan argumentasi ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Penelitian ini menerapkan pendekatan socioscientific issues pada materi asam basa dan rancangan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Pada tahap Analyze peneliti menyusun rancangan awal melalui kegiatan analisis kebutuhan dan analisis kinerja. Pada tahap design peneliti merancang produk yang akan dikembangkan. Pada tahap develop peneliti melakukan validasi produk pengembangan sebelum diuji coba. Data yang diperoleh dari hasil validasi produk secara umum menunjukkan bahwa 1) nilai kelayakan dari petunjuk penggunaan soal adalah 80 yang termasuk dalam kategori layak 2) nilai kelayakan dari tampilan dan tata letak adalah 83 5 yang termasuk dalam kategori sangat layak 3) nilai kelayakan dari pedoman penilaian adalah 70 yang termasuk dalam kategori layak 4) Hasil analisis data kuantitatif yang diperoleh dari lembar validitas kelayakan tiap butir soal menunjukkan bahwa kelima butir soal dalam instrumen penilaian termasuk dalam kategori sangat layak dan 5) produk diperbaiki berdasarkan komentar dan saran dari validator ahli. Pada tahap Implement peneliti melakukan uji coba produk kepada 35 siswa SMAN 9 Malang untuk menentukan validitas dan realibilitas soal tes yang disusun. Hasil uji coba menunjukkan bahwa keseluruhan butir soal valid dan reliabel. Pada tahap evaluate peneliti melakukan evaluasi terhadap hasil kerja siswa setelah uji coba. Hasil yang didapatkan menunjukkan persentase keterampilan argumentasi ilmiah siswa dominan pada level 4. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat ukur keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259087

Actions (login required)

View Item View Item