Pengembangan media pembelajaran life-edghar pada materi ikatan kimia dan bentuk molekul untuk siswa kelas x sma / Rifqon Hakiki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran life-edghar pada materi ikatan kimia dan bentuk molekul untuk siswa kelas x sma / Rifqon Hakiki

Hakiki, Rifqon (2021) Pengembangan media pembelajaran life-edghar pada materi ikatan kimia dan bentuk molekul untuk siswa kelas x sma / Rifqon Hakiki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang menentukan masa depan serta diberikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tingginya kualitas pendidikan dapat memengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut himpunan data CNN (Cable News Network) Indonesia Indeks Pendidikan UNESCO (2016) menyatakan bahwa kualitas pendidikan Indonesia menempati posisi ke-108 dunia (Solihin 2017). Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia selain disebabkan oleh kurangnya efisiensi sarana prasarana relevansi dan pemerataan pendidikan implementasi kurikulum 2013 yang sentralistik juga memicu penyesuaian mendadak pelaksanaan pembelajaran semua matapelajaran di sekolah sehingga menyebabkan kurang maksimalnya pembelajaran di kelas contohnya seperti pembelajaran materi Kimia (Naibaho 2015). Pengajaran kimia di kelas menggunakan media yang tidak memantik minat siswa dalam belajar (Anwar 2014). Hal ini diperparah dengan fakta bahwa sebagian besar materi kimia bersifat submikroskopik dan abstrak seperti ikatan kimia dan bentuk molekul. Sebagai solusi dalam menyikapi problematika tersebut penulis berinisiatif mengembangkan media pembelajaran dengan nama LIFE-EDGHAR (Ludo Intermolecular Forces Education Game with Hologram and Augmented Reality) yakni sebuah media pembelajaran kimia berbasis permainan ludo dengan teknologi Augmented Reality dan Hologram pada materi ikatan kimia dan bentuk molekul. Media pembelajaran LIFE-EDGHAR dikembangkan dengan mengadaptasi model ADDIE yang meliputi tahap assessment/analysis design development implementation dan evaluation. Kelayakan media ini ditentukan melalui validasi oleh validator meliputi validitas produk sebagai media pembelajaran dan validitas produk dari segi materi. Selain itu juga dilakukan uji coba kelompok kecil yang dilakukan menggunakan skala Likert yang disertai komentar dan saran pada tiap aspek penilaian. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase rata-rata. Produk akhir dari penelitian ini dikemas dalam bentuk media pembelajaran fisik dalam satu paket dan file aplikasi fitur augmented reality dengan format akhir APK. Hasil penelitian pengembangan LIFE-EDGHAR ini berupa media fisik dan aplikasinya. Komponen media pembelajaran LIFE-EDGHAR meliputi (1) papan permainan ludo (2) pion dan dadu (3) video holografi (4) proyektor piramida hologram (5) kartu pertanyaan (6) kartu informasi (7) kartu more information (8) modul penggunaan dan (9) aplikasi LIFE-EDGHAR. Adapun persentase hasil validasi media sebagai media pembelajaran dan segi materi berturut-turut adalah 85 56% dan 88 00%. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 87 25%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LIFE-EDGHAR sudah sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran topik ikatan kimia dan bentuk molekul di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259086

Actions (login required)

View Item View Item