Pengembangan bahan ajar larutan penyangga berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi literasi ilmiah untuk siswa kelas xi SMA / Irena Khoirunnisa'</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar larutan penyangga berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi literasi ilmiah untuk siswa kelas xi SMA / Irena Khoirunnisa'</p>

Khoirunnisa', Irena (2021) Pengembangan bahan ajar larutan penyangga berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi literasi ilmiah untuk siswa kelas xi SMA / Irena Khoirunnisa'</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akhir-akhir ini reformasi pendidikan sains diarahkan untuk memperluas luaran pembelajaran dari memahami pengetahuan menjadi literasi ilmiah. Kurikulum 2013 yang saat ini berlaku di Indonesia juga menempatkan literasi ilmiah sebagai luaran pembelajaran sains. Terkait dengan perubahan tersebut beberapa strategi pembelajaran yang menempatkan literasi ilmiah sebagai luarannya juga telah dikembangkan salah satunya adalah Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII). Pada prinsipnya ESII memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penelitian sehingga dalam pelaksanaannya siswa dibekali pengetahuan sebagai persiapannya. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum capaian pembelajaran yang tidak bisa dicapai oleh siswa melalui penelitian dipelajari siswa melalui tanya jawab yang dipandu oleh guru. Bahan kajian ldquo Larutan Penyangga rdquo berhubungan dengan fenomena kimia kehidupan sehari-hari yang cocok untuk melatih kemampuan literasi ilmiah siswa. Model pembelajaran ESII belum lama diciptakan sehingga bahan ajar yang berkaitan masih terbatas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar larutan penyangga berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang menempatkan literasi ilmiah sebagai luaran pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yakni (1) define/membatasi (2) design/merancang (3) develop/mengembangkan dan (4) dissesminate/menyebarkan. Kelayakan produk yang dihasilkan dapat diketahui melalui hasil analisis data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari hasil validasi ahli. Validasi dilakukan oleh satu dosen kimia Universitas Negeri Malang dan dua guru SMAN 2 Malang. Hasil validasi bahan ajar memperoleh tingkat kelayakan sebesar 89 58% sehingga bahan ajar dikategorikan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Dalam penggunaannya disarankan pendidik terlebih dahulu memahami dengan baik model pembelajaran Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII). Produk bahan ajar yang dikembangkan disarankan untuk dikembangkan lebih lanjut melalui proses uji keterbacaan siswa dan disebarluaskan sehingga tahap-tahap model pengembangan 4-D dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259084

Actions (login required)

View Item View Item