Pengembangan bahan ajar E-Learning berbasis inkuiri terbimbing pada materi bentuk Molekul / Naufal Aushaf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar E-Learning berbasis inkuiri terbimbing pada materi bentuk Molekul / Naufal Aushaf

Aushaf, Naufal (2020) Pengembangan bahan ajar E-Learning berbasis inkuiri terbimbing pada materi bentuk Molekul / Naufal Aushaf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia terdiri dari konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga menyebabkan ilmu ini sulit dipelajari. Salah satu materi kimia yang memiliki banyak konsep abstrak yaitu materi bentuk molekul. Kesulitan dalam mempelajari bentuk molekul dapat diatasi salah satunya menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang mengacu pada kurikulum 2013. Inkuiri terbimbing memiliki kelemahan yaitu keterbatasan ruang dan waktu dalam pelaksanaan pembelajarannya. Untuk mengatasi hal ini maka dapat menggunakan bahan ajar yang dipadukan dengan teknologi yang berkembang saat ini yaitu e-learning. Tujuan dikembangkannya bahan ajar berbasis e-learning ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang layak yang dapat digunakan untuk membantu dalam mempelajari materi bentuk molekul. Bahan ajar berbasis e-learning ini dikembangkan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Lee amp Owens (2004) yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) tahap assessment/analysis 2) tahap design 3) tahap development 4) tahap implementation dan 5) tahap evaluation. Uji validasi media dan materi bahan ajar ini dilakukan oleh dua dosen kimia dari Universitas Negeri Malang dan dua guru kimia dari SMAN 1 Gondanglegi. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa bahan ajar berbasis e-learning yang disusun berdasarkan tahapan inkuiri terbimbing pada materi bentuk molekul. Bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan persentase hasil validasi terhadap materi sebesar 82 99% persentase hasil validasi terhadap media sebesar 89 93% dan hasil uji keterbacaan sebesar 89 46%. Namun bahan ajar ini masih perlu untuk diuji efektivitasnnya agar dapat diketahui pengaruhnya terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259083

Actions (login required)

View Item View Item