Analisis aspek-aspek literasi sains (science literacy) dalam buku pelajaran kimia SMA/MA kelas x berbasis kurikulum 2013 / Yunita Arianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis aspek-aspek literasi sains (science literacy) dalam buku pelajaran kimia SMA/MA kelas x berbasis kurikulum 2013 / Yunita Arianingsih

Arianingsih, Yunita (2022) Analisis aspek-aspek literasi sains (science literacy) dalam buku pelajaran kimia SMA/MA kelas x berbasis kurikulum 2013 / Yunita Arianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi sains (science literacy) didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk menghubungkan isu-iu yang berhubungan dengan sains dan gagasan-gagasan sains untuk menunjukkan dirinya sebagai warga negara yang reflektif akan sains. Pemahaman literasi sains (science literacy) menjadi aspek yang sangat penting dalam pembelajaran sains di akhir abad ke-21. Pentingnya literasi sains dapat dilihat dari tujuan pendidikan sains di beberapa negara yaitu utnuk mewujudkan masyarakat yang berliterasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesesuaian aspek-aspek literasi sains (science literacy) yang termuat dalam buku pelajaran Kimia SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 mengetahui aspek-aspek literasi sains (science literacy) yang paling banyak termuat dalam buku Kimia SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 dan mengetahui adanya aspek-aspek literasi sains (science literacy) yang disampaikan secara naive di dalam buku pelajaran Kimia SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik analisis isi (content analysis) dan hasil penelitian dijelaskan secara deskriptif. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi kutipan tiga buku Kimia SMA/MA Kelas X berbasis Kurikulum 2013. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aspek pengetahuan (knowledge) dengan indikator aspek konten (content knowledge) paling banyak termuat dalam ketiga buku yang dianalisis dengan masing-masing persentase sebesar 50% 55 93% dan 56 82%. Berdasarkan hasil penelitian tidak terdapat kutipan aspek literasi sains yang disampaikan secara naive yang ditunjukkan dengan tidak adanya kutipan yang memperoleh nilai negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 03:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259082

Actions (login required)

View Item View Item