Pengembangan bahan ajar asam basa berbasis multipel representasi dengan model learning cycle 5-e untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa / Nur Laily Masfufah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar asam basa berbasis multipel representasi dengan model learning cycle 5-e untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa / Nur Laily Masfufah

Masfufah, Nur Laily (2021) Pengembangan bahan ajar asam basa berbasis multipel representasi dengan model learning cycle 5-e untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa / Nur Laily Masfufah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang komposisi sifat dan perubahan materi. Materi tersusun oleh partikel-partikel yang tidak dapat diamati secara langsung dengan indra penglihatan karena ukurannya yang sangat kecil. Ilmu kimia dapat direpresentasikan dengan tiga tingkatan representasi yaitu makroskopik submikroskopik dan simbolik. Untuk memahami konsep kimia secara mendalam dan komprehensif diperlukan pemahaman terhadap ketiga representasi kimia dengan benar. Salah satu materi wajib kimia untuk tingkat SMA adalah materi asam basa. Materi asam basa memiliki beberapa karakter yaitu konseptual algoritmik dan abstrak. Karakter materi tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan tiga representasi dalam kimia. Pemahaman konsep merupakan bagian penting dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan fakta bahwa pemahaman konseptual peserta didik tidak selalu sejalan dengan keterampilan algoritmik. Penyebab utamanya karena proses belajar mengajar yang dilakukan kurang memanfaatkan strategi maupun bahan ajar yang bisa menuntun peserta didik untuk memahami konsep secara utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar asam basa yang valid dan efektif berbasis multipel representasi dengan model Learning Cycle 5-E untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan bahan ajar yang diadopsi dari model pengembangan 4-D (four D-models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk (1974). Model tersebut terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini langkah disseminate tidak dilakukan sepenuhnya karena keterbatasan peneliti. Tahap yang dilakukan hanya sampai uji efektivitas bahan ajar. Hasil validasi ahli dan uji keterbacaan diperoleh nilai persentase sebesar 81 39% dan 87 22%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa persentase jawaban benar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Disimpulkan bahwa pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan dalam pembelajaran yang menggunakan bahan ajar hasil pengembangan. Selain itu hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikasi 0 000 ( lt 0 05) yang artinya bahwa terdapat perbedaan hasil nilai posttest antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82 22 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 70 97.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259081

Actions (login required)

View Item View Item