Analisis miskonsepsi pada meteri gaya lorentz menggunakan soal two tier beralasan / Muhammad Badrussya ban - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis miskonsepsi pada meteri gaya lorentz menggunakan soal two tier beralasan / Muhammad Badrussya ban

Badrussya'ban, Muhammad (2021) Analisis miskonsepsi pada meteri gaya lorentz menggunakan soal two tier beralasan / Muhammad Badrussya ban. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat miskonsepsi mahasiswa pada materi Gaya Lorentz. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Malang pada 67 mahasiswa jurusan Fisika tahun pertama yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar III tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal two tier beralasan. Pada tingkat pertama terdapat soal dan beberapa pilihan jawaban lalu pada tingkat kedua terdapat pilihan tingkat keyakinan dalam menjawab pertanyaan pada tingkat pertama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami mahasiswa pada materi Gaya Lorentz cukup tinggi. Tingkat aham konsep tertinggi terdapat pada soal nomor 10 terkait menganalisis arah Gaya Lorentz pada dua kawat di daerah yang memiliki medan magnet dengan 17 91% dan tingkat paham terendah terjadi pada soal nomor 12 terkait menganalisis syarat Gaya Lorentz pada muatan yang bergerak dengan 0%. Pada penelitian ini diperoleh juga bahwa tingkat miskonsepsi tertinggi juga terjadi pada soal no 1 terkait membandingkan Gaya Lorentz pada 2 kawat lurus dengan 55 22% dan tingkat miskonsepsi terendah terjadi pada nomor 4 terkait mengidentifikasi arah Gaya Lorentz pada 2 kawat melingkar yang dialiri arus listrik dengan 4 48%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259060

Actions (login required)

View Item View Item