Implementasi program resitasi berbasis komputer sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep Mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi hukum newton / Nadya Erawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program resitasi berbasis komputer sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep Mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi hukum newton / Nadya Erawati

Erawati, Nadya (2022) Implementasi program resitasi berbasis komputer sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep Mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi hukum newton / Nadya Erawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan kesulitan yang masih terjadi pada mahasiswa pendidikan fisika setelah menggunakan resitasi berbasis komputer yang berisi latihan-latihan soal konseptual pilihan ganda yang disertai feedback dan video penjelasan pada materi hukum Newton (dinamika partikel). Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu embedded experimental model yang berjenis one group pre test-post test design. Peningkatan penguasaan konsep mahasiswa pendidikan fisika pada materi hukum Newton setelah menggunakan program resitasi yang diketahui dari skor pre test dan post test dalam bentuk soal-soal pilihan ganda. Soal pre test diberikan ketika mahasiswa akan membahas materi hukum Newton sedangkan post test diberikan tiga minggu setelah mahasiswa menggunakan program resitasi berbasis komputer. Subjek penelitian yang dilakukan yaitu 69 mahasiswa pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh mata kuliah Fisika Dasar 1. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penguasaan konsep mahasiswa pada materi hukum Newton meningkat signifikan setelah menggunakan program resitasi berbasis komputer dengan nilai t -12 99 dan p 0 00. Dampak dari peningkatan penguasaan konsep mahasiswa pada materi hukum Newton setelah menggunakan program resitasi berbasis komputer adalah sangat kuat hal ini terlihat dari N-Gain yang didapatkan sebesar 0 32 dan d-effect size sebesar 1 56. Peningkatan terbesar penguasaan konsep yaitu pada konsep gaya aksi-reaksi atau hukum III Newton. Meskipun demikian dalam penelitian yang dilakukan juga ditemukan bahwa mahasiswa memiliki konsep yang belum utuh pada sub pembahasan identifikasi gaya-gaya. Hal tersebut terjadi karena pemahaman yang belum utuh dan cenderung dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan rumus-rumus yang diingat tanpa memverifikasi kebenaran rumus tersebut dan maknanya secara fisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259042

Actions (login required)

View Item View Item