Pengembangan tes dinamika rotasi berbentuk soal isomorfik sebagai instrumen diagnostik miskonsepsi siswa pada materi dinamika rotasi / Dhimas Shalahuddin Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes dinamika rotasi berbentuk soal isomorfik sebagai instrumen diagnostik miskonsepsi siswa pada materi dinamika rotasi / Dhimas Shalahuddin Firdaus

Firdaus, Dhimas Shalahuddin (2020) Pengembangan tes dinamika rotasi berbentuk soal isomorfik sebagai instrumen diagnostik miskonsepsi siswa pada materi dinamika rotasi / Dhimas Shalahuddin Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinamika Rotasi merupakan salah satu materi fisika yang sulit dipahami siswa terbukti dari banyaknya siswa yang mengalami miskonsepsi atau memiliki konsepsi alternatif dalam beberapa penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah alat tes diagnostik yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi dinamika rotasi. Serta mengidentifikasi dan mengklasifikasikan pengetahuan konseptual dinamika rotasi yang dimiliki siswa SMA Nasional Malang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dimulai dengan pembuatan soal uraian yang digunakan untuk menjaring konsepsi siswa pada materi dinamika rotasi. Uji coba soal uraian ini diujikan pada 30 siswa SMA Nasional Malang. Jawaban dari soal uraian kemudian dikembangkan menjadi 18 soal pilihan ganda yang dikelompokkan pada 6 set soal isomorf dimana masing-masing set terdiri dari 3 soal. Adapun keenam set soal isomorf yang dikembangkan telah melalui validasi isi dan validasi butir soal dan dinyatakan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil dari uji coba soal pilihan ganda isomorf menunjukkan bahwa teridentifikasi miskonsepsi siswa pada materi dinamika rotasi dengan presentase tertinggi pada set isomorf I sebesar 60 persen pada kelas MIPA A dan 54 persen pada kelas MIPA B tertinggi kedua pada set isomorf 64 persen pada kelas MIPA A dan 47 persen pada kelas MIPA B selanjutnya set isomorf II sebesar 60 persen pada kelas MIPA A dan 41 persen pada kelas MIPA B set isomorf VI sebesar 40 persen pada kelas MIPA A dan 35 persen pada kelas MIPA B set isomorf III sebesar 40 pada kelas MIPA A dan 30 pada kelas MIPA B set isomorf IV sebesar 20 persen pada kelas MIPA A dan 29 persen pada kelas MIPA B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259025

Actions (login required)

View Item View Item