Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kodular Creator Penguatan Sikap Kemandirian Tema 4 Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kodular Creator Penguatan Sikap Kemandirian Tema 4 Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar

Sahrapi, Peteri Telpi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kodular Creator Penguatan Sikap Kemandirian Tema 4 Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan perantara yang digunakan dalam menyampaikan informasi dan materi pembelajaran agar lebih menyenangkan dan memudahkan siswa menangkap materi yang disampaikan. Hasil wawancara kepada guru kelas V di SDN Bendogerit 01 dan SDN Bendogerit 02 di Kota Blitar diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran daring maupun luring seperti Whatsapp dan LCD Proyektor sehingga siswa kurang aktif dan kesulitan dalam pembelajaran yang menyebabkan turunnya minat dan nilai siswa dalam belajar. Selain itu, cakupan materi pembelajaran pada tema 4 subtema 3 yang luas dan banyak membuat siswa kesulitan memahami materi. Hasil analisis kebutuhan siswa mengatakan bahwa siswa merasa senang belajar dengan media pembelajaran yang menggunakan teknologi dibandingkan media pembelajaran non teknologi dan mereka menyukai media pembelajaran yang berhubungan dengan teknologi seperti smartphone. Tujuan dari penelitian pengembangan yang dilakukan adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk aplikasi yang dikembangkan menggunakan Kodular Creator dengan penguatan sikap kemandirian pada tema 4 subtema 3 kelas V Sekolah Dasar yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, instrumen penilaian berupa angket, dan dokumentasi. Analisis angket ahli materi, ahli media dan guru menggunakan skala Likert sedangkan angket respon siswa menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase yang kemudian dikategorisasikan. Hasil pengolahan data memperoleh hasil validasi produk oleh ahli materi sebesar 91,6% dengan kategori sangat valid, ahli media sebesar 89,2% dengan kategori sangat valid, dan guru sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan produk oleh ahli media sebesar 100% dengan kategori sangat praktis, guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis, dan respon siswa sebesar 93,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kemenarikan produk oleh guru sebesar 100% dengan kategori sangat menarik, dan respon siswa sebesar 97,2% dengan kategori sangat menarik. Selain itu, hasil penilaian sikap kemandirian sebesar 100%. Hasil analisis validasi ahli materi, ahli media, dan guru serta respon siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Kodular Creator tema 4 subtema 3 kelas V Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid, praktis, dan menarik sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:11
Last Modified: 16 Nov 2022 08:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item