Penerpan pembelajaran kooperatif the jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Ma'arif Pandaan tahun ajaran 2010/2011 / Fatin Faudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerpan pembelajaran kooperatif the jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Ma'arif Pandaan tahun ajaran 2010/2011 / Fatin Faudah

Fuadah, Fatin (2012) Penerpan pembelajaran kooperatif the jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Ma'arif Pandaan tahun ajaran 2010/2011 / Fatin Faudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kooperatif tipe Jigsaw motivasi hasil belajar. Pada saat pelajaran Bahasa Indonesia di SD Maarif Pandaan siswa lebih suka bercanda dengan temannya dari pada memperhatikan penjelasan guru di dalam kelas. Hal ini disebabkan karena siswa tidak merasa termotivasi untuk mengikuti pelajaran dengan pembelajaran konvensional. Rendahnya motivasi siswa dalam belajar berakibat pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Maarif Pandaan Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Maarif Pandaan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data yang diambil meliputi (1) penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (2) analisis motivasi belajar Bahasa Indonesia dengan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. (3) hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pre tes dan post tes. Hasil analisis motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I dengan prosentase 71 42% meningkat menjadi 95 23% pada siklus II. Siswa yang semula malas memperhatikan pelajaran dan lebih suka bercanda dengan temannya pada siklus I menjadi bersemangat mengikuti proses pembelajaran pada siklus II karena termotivasi oleh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang banyak melibatkan siswa dalam proses belajar seperti ber diskusi dan membentuk kelompok. Hasil penelitian hasil belajar siswa pada siklus I presentase ketuntasan belajar siswa adalah 87 17% (34 siswa) denga n nilai rata-rata 70 terdapat 5 siswa yang belum tuntas belajar. Ini dikarenakan masih terdapat siswa yang lebih suka bercanda dengan temannya dari pada berdiskusi dengan kelompok sehingga membuat siswa kurang menguasai materi. Pada siklus II peneliti iku t serta dalam pelaksanaan diskusi setiap anggota kelompok sehingga presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 89 74% (35 siswa) dengan nilai rata -rata 88. Bertolak dari hal tersebut disarankan kepada guru untuk selalu berusaha meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memperhatikan hal -hal yang disukai dan tidak disukai siswa selama pembelajaran supaya hasil belajar siswa juga meningkat. Untuk siswa lebih giat dalam belajar dan tumbuhkan motivasi belajar yang ada dalam diri masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item