Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis hots yang mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa smp kelas viii / Kathrine Ayu Maghfirah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis hots yang mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa smp kelas viii / Kathrine Ayu Maghfirah

Maghfirah, Kathrine Ayu (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis hots yang mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa smp kelas viii / Kathrine Ayu Maghfirah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis HOTS berupa RPP dan instrumen tes uraian yang valid praktis dan efektif sehingga dapat mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D Model) Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D. Penelitian dan pengembangan ini lebih berfokus pada pengembangan instrumen tes maka peneliti belum mengujicobakan RPP sehingga RPP ini masih perlu diujicobakan. Uji kevalidan diuji oleh satu dosen matematika dan satu guru matematika. Uji kepraktisan diuji oleh tiga orang guru matematika dan 15 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 15 Malang. Uji keefektifan diambil dari hasil pengerjaan 15 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 15 Malang terhadap instrumen tes uraian yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil bahwa (1) skor kevalidan RPP dan instrumen tes uraian berbasis HOTS berturut-turut adalah 4 02 dan 4 08 dengan kategori kevalidan baik (2) skor kepraktisan berdasarkan hasil lembar penilaian kepraktisan oleh guru terhadap RPP dan instrumen tes uraian berbasis HOTS dengan skor 4 dan 4 04 serta lembar penilaian kepraktisan oleh siswa terhadap instrumen tes uraian berbasis HOTS dengan skor 3 75 dengan kriteria praktis dan tidak perlu revisi (3) skor keefektifan menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa yang mengikuti uji coba memperoleh nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut maka perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis HOTS dikatakan valid praktis dan efektif sehingga dapat mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258943

Actions (login required)

View Item View Item